Kisah Teladan dari Ahmadi Nejad

Dari e-mail berantai yang dikirim seorang teman, saya menbaca sebuah tulisan yang menarik tentang kehidupan Presiden Iran: Ahmadi Nejad yang saya fikir bagus juga kalau di-posting disini. Tapi bagaimana itu kan tulisan orang? Lalu saya coba men trace-back untuk menemukan pengirim pertama dari e-mail itu lalu didapatlah nama Ida. Kepada beliau saya katakan apabila ini tulisan beliau, saya mohon agar di-izinkan untuk memposting tulisan tersebut di blog ini dan ternyata beliau mengizinkan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Ida.

Inilah tulisannya:
TV Fox (AS) menanyakan pada Presiden Iran Ahmedi Nejad; “Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?”
Jawabnya: “Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:”Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran .”
Berikut adalah bagaimana penyiar menggambarkan dirinya.
Ahmedi Nejad, adalah presiden Iran yang membuat orang ternganga, karena pada saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Iran Istana yang sangat tinggi nilai maupun harganya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.
Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.
Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri2 nya untuk datang kepadanya dan menteri2 tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan2 darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening prib adi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri2 tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.
Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

 

Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumah pribadinya.

Hanya itulah yang dimilikinyaseorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan.
Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.
Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.
Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menj adi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.
Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi prib adi , atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.
Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.
Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?
Lihat foto2 berikut yang menegaskan penjelasan di atas.
Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipulikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk Amerika.

Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka.

 Dan foto terakhir memperlihatkan ruang makan dimana presiden sedang menikmati makanannya.
 

41 Responses to “Kisah Teladan dari Ahmadi Nejad”


  1. 1 caknun August 8, 2007 at 3:35 am

    seandainya pemimpin kita bisa kayak Ahamdinejad, mungkin krisis di negeri ini segara teratasi, balak dan bencana bisa berkurang. Pemimpin yang jujur, sederhana dan jujur akan memberikan manfaat lahir batin bagi rakyatnya. kapan ya kita punya pemimpin kayak gitu

  2. 2 Saiful Ridwan August 10, 2007 at 2:23 am

    Jika semua pemimpin dunia selalu berkehidupan kesederhanaan dan selalu mementingkan rakyat terlebih dari dahulu daripada kepentingan pribadi sendiri. Selalu menebarkan Kedamaian tapi tak lari bila merasa terusik atau terganggu namun membuka maaf dari musuh-musuhnya.

  3. 3 rozyee August 15, 2007 at 5:34 pm

    Masya ALlah….
    Presiden Iran benar2 presiden yang patut dicontoh dan dimiliki oleh negara Indonesia…..
    Semoga saja kita mampu menemukan presiden yang seperti ini di masa depan…amiinn

  4. 4 fahru August 16, 2007 at 3:44 pm

    Tukeran link …??
    Monggo Kang..dengan senang hati…..

  5. 5 zulfa August 23, 2007 at 4:24 am

    Subhanallah

  6. 6 Dzikri October 3, 2007 at 8:54 am

    Inilah pemimpin yang mengingatkan kita pada kepemimpinan rosulullah dan keluarganya, sekiranya di Indonesia tercinta ini ada yang seperti beliau, segera saja mendaftarkan diri jadi president, pasti saya dukung….. tapi…ada nggak ya????????

  7. 7 Rangga Soeprapto December 14, 2007 at 7:33 am

    Gambaran hidup yang harus di pelajari, renungi dan diterapkan dalam diri masing-masing.Jauh dari ke kufuran mudah-mudahan Allah SWT sll memberi kemudahan pada umatnya.

  8. 8 hadi arr December 27, 2007 at 3:59 am

    SUBHANALLAH

    kapan pemimpin kita bisa berlaku seperti itu.
    saya link yaa….blog anda

  9. 9 Wawan A. Mido February 21, 2008 at 6:03 am

    Saya sangat yakin, kalau semua pemimpin negara yang berpenduduk mayoritas Islam seperti ini, niscaya Islam akan memperoleh kejayaannya sebagaimana diukir dalam sejarah.

  10. 10 affan April 15, 2008 at 7:42 am

    Pemimpin seperti itu yang harus kita cari

  11. 11 depdeco October 25, 2008 at 3:53 pm

    SUBHANALLAH

    Semoga nanti ada pemimpin Indonesia yang seperti dia.

  12. 12 tessa November 13, 2008 at 6:19 am

    Kita harus segera menjadi negara Islam !! dengan pemimpin yang benar2 islami bukan islam2an!
    Allahu akbar

  13. 13 adiano January 31, 2009 at 2:45 am

    Subhanallah, [ga bisa berkata apa-apa lagi] [mulut terus menganga melihat sikap seorang presiden yang sangat sederhana]

  14. 14 iman June 23, 2009 at 9:44 am

    “masya Allah” saya sampai menitih kan air mata setelah tau kpribadiannya..”ya Allah!!.. jadi kan lah air mata ini saksi atas segala pengabdiannya kpada bangsa dan negara dngan segala kerendahannya..amiin..amiiin..amiinn..
    Ya Allah Ya Rabbal alamin..”

  15. 15 Hendri Rambe June 27, 2009 at 2:21 am

    Ahmadi Nejad is the best

  16. 16 Hendri Harahap December 27, 2009 at 2:37 pm

    Alhamdulillah,,,,
    masih ada presiden yang sedemikian,
    kiranya dari tauladan yan telah diberikan Seorang Ahmadinejad dapt kita contoh untuk menjadi pemimpin di hari yang akan datang.terutama untuk kepala2 Desa yang sekara
    ng

  17. 17 madi May 7, 2010 at 11:46 am

    very good

    smoga ke depan ada pemimpin bangsa ini yg dapat meneladani sosok ahmadinejad,
    peduli, jujur dan berakhlak mulia

  18. 18 Pandu Dewanoto May 20, 2010 at 4:37 am

    Semoga beliau bisa menjadi teladan bagi calon pemimpin2 islam selanjutnya

  19. 19 Qefy June 22, 2010 at 7:51 am

    SBY alias Subhanallah Sekali yah. Saia baru 2006 mendengar nama beliau berkiprah di ranah iran, hanya baru kali ini menelisik kebiasaan dan pribadi beliau. Saia ucap terimakasih atas info ini, semoga nailai kebaikan bisa menurun kepada kita semua. Amin ya rabb.., Salam kenal -qefy alghifari

  20. 20 patih June 24, 2010 at 12:20 pm

    kita tukerin sby sama ahmadi nejad yuk..

  21. 21 Erzozanto August 26, 2010 at 3:43 am

    Subhanllah…..
    Betapa beruntung negara dan rakyat yang memiliki pemimpin demikian…, Ya Allah adalah sosok Nejad lain di negeri kami…???

  22. 22 eddy jumadi September 26, 2010 at 3:07 am

    ada apa dengan semua ini, kayak mimpi disiang bolong?……….. apakah ini pakta yang benar,jika benar saya ucapkan: innalillahi wainnalillahi rojiun. dijaman modern ini masih ada pemimpin model ini.tapi saya baca mas media /internet/tv kayaknya pas dengan realita.saya memimpikan apakah kita mempunyai pemimpan model ini?.. gaya kepempinan ini mirip model saidina umar ra
    semoga pemimpin ini menjadi berkah buat dunia……..dan masarat dunia melihat semua ini……

  23. 23 yan September 29, 2010 at 6:06 pm

    ini baru teladan…
    mudah2an banyak yang seperti ini.

  24. 24 taufik October 10, 2010 at 6:03 am

    subhanallah
    inilah sosok pemimpin yang sesungguhnya,ia mengatakan bahwa dirinya ialah hanya seorang pelayan bagi masyarakat iran kata-kata yg menakjubkan dan harus dijadikan contoh buat pemimpin2 dunia yg lain.
    kehidupan yang sangat sederhana,bersahaja,jujur,seperti pemerintahan khalifah umar bin khattab ra.

    allahu akbar
    semoga di negeri kita ini ada orang seperti beliau

  25. 25 vanni November 3, 2010 at 1:34 am

    Subhanallah. . .
    Ia memberikan banyak inspirasi kepada masyarakat dan banyak orang..
    Tidak hanya dalam kepemimpinannya, namun juga kepribadiannya..

    Semoga pikiran kita lebih terbuka

  26. 26 herman November 3, 2010 at 4:27 pm

    umumnya kalo orang sudah punya banyak harta dan jabatan tinggi pasti gelap mata, tinggi hati dan merasa status sosialnya lebih baik dari pada yang lain dan merasa patut untuk lebih di hormati dari pada orang lain. Tapi ahmadinejad menurutku tauladan yang baik sebagai orang pemimpin bangsa yang besar, kalo di indonesia menteri aja maunya pake mobil mewah, gajinya sampai ke 13, bisa bisa tahun depan minta gaji ke 17, Innalillahi ……… abis sudah uang pajak yang kita bayar tiap tahun buat mereka.

  27. 27 iwan March 13, 2011 at 6:12 am

    Subhanallah
    Om Ahmadinejad adalah contoh yg ISLAMI
    yang memenuhi kriteria
    pokoknya Om Ahmadinejad PERFEK

  28. 28 Lamancau March 13, 2011 at 6:16 am

    MasysALLAH
    itulah figur pemimpin ISLAM yg sejati
    ALLAHHU YA’LAMU

  29. 29 Edi Jabrik March 23, 2011 at 6:23 am

    Ya, kita cukup prihatin dengan kondisi di negara kita, semoga kedepan akan muncul pemimpin2 yang seperti beliau, bahkan lebih baik dari itu … amien by edi n endang

  30. 30 reynaldi March 25, 2011 at 1:54 am

    kalau saja presiden kita kaya gini mungkin negara kita akan jadi penguasa dunia gak kaya skrng udah kacau banyak korutor lagih

  31. 31 Zulfikar April 19, 2011 at 2:53 pm

    Ini baru pemimpin !!!

  32. 32 boLecha April 27, 2011 at 3:32 am

    Subhanallah.. ya Allah, tuntunlah kami menjadi orang yang tinggi di hadapanmu..
    semoga saja setiap pribadi di pemerintahan kita bisa perlahan seperti pribadi yang diceritakan diatas,, Allahu Akbar..

  33. 33 'vidz August 24, 2011 at 1:44 am

    Subhanallah….
    Kapan para pemimpin kita bisa sepeti ini…
    Ikutan nge-link nie…

    @d3n
    silahkan

  34. 34 Ahmad Suroso October 6, 2011 at 5:26 am

    Tuan Presiden Ahmadinejad adalah benar-benar pimpinan yang berorientasi pada jiwa Muhammd / Ahmad Rosul kita, Saya yakin Beliau adalah salah satu wali Alloh yang ditugaskan di bumi Iran

  35. 35 Suchi Lestari December 1, 2011 at 1:24 am

    the really president…🙂

  36. 36 mario December 1, 2011 at 1:47 am

    kita baru saja menyaksikan kemeriahan pernikahan putra bungsu presiden RI yang bukan main dan membandingkannya dengan cara Ahmadinejad menikahkan putranya yang hanya dihadiri 45 undangan dengan hidangan buah2an alakadarnya… alangkah beruntungnya bangsa Iran yang punya pemimpin seperti itu..

  37. 37 sugaray December 16, 2011 at 1:40 pm

    sungguh tauladan presiden sedunia…

  38. 38 erwin February 2, 2012 at 4:04 am

    SBY harusnya baca……!!!

  39. 39 muhammad iqbal March 9, 2012 at 9:24 am

    ya allah andai kami mempunyai sosok pemimpin seperti ahmadi nejad sungguh lah kmi termasuk orang2 yg sangat beruntung..

  40. 40 ipink albantani April 8, 2012 at 11:08 am

    subhanallah ,sungguh saya takjub dengan beliau,apa yg di contoh kan oleh rasullulloh dia amal kan suri tauladan yg baik,yaa alloh hu robby jadikan lah pemimpin indonesia seperti dia,amin

  41. 41 dedi mulyadi July 10, 2012 at 8:10 am

    contoh pemimpin buat kita, dan insya allah beliau termasuk ahli surga, amin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 216,092 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: