“Mahluk Super Kecil”

bakteriTopik dari postingan kali ini kayaknya agak-agak sedikit “serius” dan berbau ilmiyah “ilmiah”. Sekalipun bukan ilmuwan mudah-mudahan bukanlah suatu dosa bila aku mencoba menulis soal “mahluk super kecil” yang dikenal orang sebagai kuman. Tentulah anda sudah terbiasa mendengar kata bakteri atau virus, dua jenis mahluk Tuhan yang berukuran super kecil itu sering dianggap sebagai itu-itu juga padahal sebenarnya diantara keduanya terdapat perbedaan yang sangat signifikan.

Dari ukurannya saja keduanya mempunyai perbedaan dimana virus mempunyai ukuran lebih kecil daripada bakteri dan virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Dari strukturnya Bakteri memiliki 2 tipe asam nukleat (DNA dan RNA) sementara virus hanya memiliki 1 tipe asam nukleat DNA saja(umumnya pada virus hewan dan manusia) atau RNA saja (umumnya pada virus tumbuhan), bakteri dapat mereproduksi semua bagian selnya sedangkan virus hanya mereproduksi materi genetik dan selubung proteinnya, kemudian bakteri memiliki sistem metabolisme sedangkan virus tidak.

bakteriBakteri adalah sel yang kompleks yang memiliki kemampuan untuk mengembangbiakkan dirinya sendiri dan merupakan bagian yang diperlukan dalam hidup kita dan tubuh kita memang penuh dengan bakteri, terutama di saluran cerna (mulut, usus, sampai anus). Usus dipenuhi kurang lebih 500 jenis bakteri, sehingga berat bakteri di usus orang dewasa bisa mencapai 1,5 kg! Bakteri di usus kita berfungsi banyak, seperti mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, memproduksi vitamin B dan K, memperbaiki sel dinding usus yang tua dan rusak, merangsang gerak usus (peristaltis). Memang ada pula jenis bakteri yang jahat namun demikian bakteri yang baik akan membantu kita mengeluarkan bakteri jahat dari tubuh kita!

Ada dua jenis bakteri yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Bakteri gram positif umumnya lebih mudah dilawan dibandingkan dengan gram negatif. Infeksi di bagian atas diafragma, umumnya disebabkan oleh bakteri gram positif, sedangkan di bawah diafragma umumnya disebabkan bakteri gram negatif. Bakteri gram positif umumnya dapat diatasi dengan antibiotik ringan (narrow spectrum antibiotic). Antibiotik spektrum luas mampu menyerang kedua kelompok bakteri tersebut.

VirusVirus adalah parasit berukuran mikroskopik bisa menular dari tangan-ketangan atau kontak mulut ke mulut(flu biasa), juga secara seksual(HIV) dan menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan mengendalikan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Karena biasanya memanipulasi mekanisme sel induknya untuk bereproduksi, virus sangat sulit untuk dibunuh. Metode pengobatan sejauh ini yang dianggap paling efektif adalah vaksinasi, untuk merangsang kekebalan alami tubuh terhadap proses infeksi, dan obat-obatan yang mengatasi gejala akibat infeksi virus. Tidak sebagaimana halnya bakteri, virus tidak merespon antibiotik.
Karena itu jangan salah kaprah ketika anda flu misalnya lalu anda mengkonsumsi antibiotik. Hal itu tidak akan mempunyai pengaruh apa-apa terhadap kehidupan virus dan hanya akan membuat efek samping dari penggunaan antibiotik yang adalah berupa resistensi bakteri terhadap antibiotik itu.

0 Responses to ““Mahluk Super Kecil””



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 219,752 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: