Pancasila, Riwayatmu kini..

Indonesia

Rencana dari Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di silang Monas, Jakarta, batal setelah segerombolan massa FPI mengejar dan memukuli massa AKKB yang sebagian besar merupakan kaum ibu dan anak-anak.
Korban fpi
korban kekerasan fpi di hari Pancasila
Korban fpi Monas
Korban
Korban, di hari Pancasila
korban-korban kekerasan, peristiwa Monas

Akibat penyerangan ini massa AKKBB berusaha menyelamatkan diri sambil berlari ke arah Gedung Indosat. Sejumlah 26 partisipan AKKBB terluka setelah mengalami pukulan dengan bambu dan tangan kosong secara bertubi-tubi oleh massa FPI. Massa FPI juga membakar sejumlah spanduk dan merusak satu unit truk yang membawa peralatan sound system milik AKKBB. Massa FPI juga sempat menghalang-halangi tim medis yang berupaya menolong para korban luka-luka.
fpi in action
fpi in action

lha kok lu gebugin gue?
Mobil yang ikut digebukin

Dari antara yang menjadi korban kekerasan FPI tersebut terdapat nama-nama seperti: Syafi’i Anwar (Direktur Eksekutif dari International Center for Islam and Pluralism), Ahmad Suaedy (Direktur Eksekutif The Wahid Institute), Kyai Maman Imanulhaq (Ponpes Al-Nizan, Jatiwaringin), Muhammad Guntur Romli ( Jurnal Perempuan dan juga host acara Kongkow bareng Gus Dur, Radio KBR68). Sementara korban lainnya ada yang sempat tidak sadarkan diri, ada pula yang patah hidung dll.Para korban inipun segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.


Spanduk-pun dibakar

Penyerangannya sendiri terjadi disaat partisipan AKKB sedang akan memulai kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian akan bergerak menuju Bundahan Hotel Indonesia untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Goenawan Mohammad

“Menyerang orang-orang yang hendak merayakan lahirnya Pancasila belum pernah terjadi dalam sejarah. Baru kali ini,” kata Goenawan Mohammad, wartawan senior yang juga berpartisipasi bersama aliansi dikegiatan ini. Goenawan tidak mengerti mengapa massa FPI menyerang. Padahal, ia tidak pernah merasa bermusuhan dengan FPI.
Ketika seorang wartawan menanyakan “apakah penyerangan ini dikarenakan adanya unsur Ahmadiyah yang ikut serta didalam kegiatan ini?” Gunawan menjawab “lho apa salahnya orang Ahmadiyah merayakan hari Pancasila?”
Mendengar tanya jawab mereka ini muncullah pertanyaan dalam batin saya “apa pula salahnya Islam, sehingga sekelompok massa yang mengaku sebagai pembelanya bahkan telah menampakkan Islam yang rahmatal lil alamin ini menjadi wajah yang menyeramkan dan seolah-olah bencana bagi pihak lain?”.
Stop kekerasan!
Stop kekerasan!
___________________________________________________________________________________
Dengan mempertimbangkan banyaknya acara disekitar Monas hari ini, saya datang ke acara tersebut dengan tidak membawa kendaraan karena takut terjebak kemacetan, dan saya memilih jasa transfortasi ojek yang bisa ‘luwes’ menembus kemacetan 😀
Saat pulang, ojek yang saya tumpangi berhenti di traffic light yang memang sedang merah, tiba-tiba dari arah belakang serombongan sepeda motor dan sebuah mobil menerobos lampu merah,ternyata mereka adalah rombongan FPI yang rupanya juga tengah pulang dari Monas.
Tukang ojek yang saya tunggangi itupun ikut jalan menerobos lampu merah bersama rombongan “mumpung ada kesempatan, Pak” katanya.
“Gimana nanti kalau abang di cegat polisi yang didepan itu?” tanya saya.
“Gak bakalan, Pak. Polisi gak berani.” gitu jawab tukang ojek.

Maka jadilah sore ini saya pulang dengan kawalan FPI! :mrgreen:

Silahkan anda membaca topik menarik yang berhubungan dengan topik ini yang di posting Ki Waras Jagat Pakuan di-blognya, tulisan dengan tema Fundamentalisme dan Anarkisme Dalam “Ramalan” Rasulullah SAW, yang atas izinnya telah saya posting ulang disini.

8 Responses to “Pancasila, Riwayatmu kini..”


  1. 1 indera keenam June 1, 2008 at 4:26 pm

    KEPADA YTH:
    DETASEMEN 88

    Telah ada indikasi kelompok teroris Yaitu Bernama
    FPI atau disebut dengan FRONT PEMBELA ISLAM
    Mohon segera diproses menurut hukum.

  2. 2 Siti Nur June 2, 2008 at 3:57 am

    Wahai Bhayangkara… Polisi pelindung segenap warga negara.
    Jangan takut dengan FPI. Mereka hanya preman-preman biasa.
    Bukan orang-orang beragama. Agama mana yang membenarkan tindak kekerasan? Apalagi terhadap wanita dan anak-anak! Tolong ditindak tegas berdasarkan hukum yang berlaku.

  3. 3 polisi June 2, 2008 at 5:58 am

    maaf neng siti polisi gak bisa bertindak, FPI bukan mahasiswa sih..

  4. 4 reni June 2, 2008 at 6:06 am

    memperingati Pancasila digebukin??? woalah ketahuan deh Munarman anti Pancasila…

  5. 5 Marie June 3, 2008 at 12:07 am

    Apakah Indonesia sudah mulai terlibat perang saudara?

    deden:
    mudah2 gak terjadi deh…

  6. 6 Silvi June 5, 2008 at 12:47 pm

    FPI tujuan kalian sih bagus ingin menegakkan syariat Islam,tapi sayang cara kalian salah justru cara kalian akan dibenci umat lain dan mencoreng Nama Islam.Dan kalau melihat kebelakang sepertinya apa yg kalian dapat sekarang ini,itu adalah akibat dari ulah prilaku kalian sendiri dan perbuatan yg telah kalian lakukan kepada orang lain kini berbalik kepada kalian sendiri. Allah maha tau mana benar dan mana yg benar2x sesat.

  7. 7 silvi June 6, 2008 at 4:57 am

    Munarman pimpinan laskar FPI,seprtinya namanya memiliki arti
    Munarman artinya = kaMU beNAR beNAR melaWAn ,sampai jadi buroNan.
    Ini balasan orang yg tidak benar tapi merasa so paling benar.akhirnya Allah sendiri yg menghinakan dia.dan apa yg munarman tuduhkan,lontarkan terhadap suatu golongan lain padahal tidak demikian akhirnya berbalik kembali kepada dirinya sendiri.
    Nah untuk dari itu kita sebagai mahluk Allah harus bertafakur mencari tau mana yg benar dan mana yg salah.dan tentunya yg benar yg harus kita ikuti.

  8. 8 Marie June 16, 2008 at 5:56 am

    Gambar pertama yg paling atas, bukan kepala anda kan?

    @den
    Alhamdulillah, bukan 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 219,752 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: