DUA JALAN MENUJU KEBERHASILAN

Para sufi menuliskan bahwa ada dua jalan menuju keberhasilan. Yang pertama adalah ‘suluk’ dan kedua adalah ‘jazab’. Suluk adalah [suatu jalan ] dimana orang-orang dengan kesadaran akal-pikiran mereka memilih jalan Allah Dan Rasul saw. Sebagaimana difirmankan:

Qul inkuntum tuhibbuwnalloha fat-tabi-uwniy yuhbib kumullah (Al-Imran:32). Yakni, “seandainya kalian ingin menjadi kekasih Allah, maka ikutilah Rasul Akram saw.”

Beliaulah Rasul yang dimaksud dengan Haadi Kamil (pembimbing yang sempurna). Yaitu Rasul yang telah menanggung sekian banyak kesengsaraan/musibah yang tidak ada bandinganya di dunia ini. Satu hari pun beliau tidak memperoleh kesempatan istirahat. Nah, pengikut-pengikut yang sejati tentulah orang-orang yang berusaha-keras sepenuhnya mengikuti segala tutur-kata dan amal-perbuatan orang yang mereka ikuti. Pengikut adalah dia yang mengikuti dari segala segi. Allah ta’ala tidak menyukai orang-orang yang mencari kesenangan bagi diri sendiri (bersenang-senang) dan yang mencari-cari kesusahan sendiri. Justru mereka itu akan memperoleh kemurkaan Allah Ta’ala.

Disini diperintahkan oleh Allah Ta’ala untuk mengikuti Rasul Akram saw., maka tugas seorang saalik (yang menjalankan ‘suluk’; yang mengikuti jalan Alllah dan Rasul-Nya –pent.) itu adalah, pertama-tama dia harus menelaah seluruh riwayat/sejarah Rasulullah saw., lalu mengikutinya. Itulah yang dinamakan ‘suluk’. Di jalan ini banyak kesengsaraan dan penderitaan. Setelah menjalani semua itulah baru manusia menjadi seorang saalik. (Malfuzaat jld.1,h.27)

1 Response to “DUA JALAN MENUJU KEBERHASILAN”


  1. 1 jusman August 4, 2008 at 6:56 am

    assalam,ualiakum. kang gimana kabarnya?

    @den
    Alhamdulillah baik2 aja..
    Mubarak nya dengan web barunya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 241,114 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: