HARI-HARI YANG DIBERKATI

Hari-hari bulan Ramadhan ini adalah sangat beberkat. Allah telah memberikan perintah-perintah yang sangat khusus dalam bulan ini dan telah secara khusus menekankan keutamaannya. Mereka yang ada dalam perjalanan atau sakit, mereka telah diperintahkan untuk berpuasa sesudah perjalanan mereka atau apabila mereka telah cukup sehat untuk berpuasa. Tapi untuk yang lainnya, makan [juga minum] dan hubungan [suami] dengan istri sepanjang hari itu adalah terlarang.

Makan adalah penting bagi kelangsungan hidup itu sendiri dan hubungan kelamin adalah penting bagi kelangsungan ras (keturunan). Tapi selama bulan Ramadhan, Allah telah memerintahkan untuk menjauhi keduanya sepanjang hari (siang). Tak ada yang lebih penting dari pada kedua hal itu. Tak ada keraguan, bernapas juga penting, tapi orang tidak dapat hidup tanpa itu. Allah telah menjadikan bulan ini bagi tujuan yang amat penting ini bahwa ketika, manusia terlibat dalam pekerjaan-pekerjaan lain selama sebelas bulan, serta tetap sibuk makan dan minum dan berhubungan suami-istri, dia telah diperintahkan untuk menjauhi hal-hal ini selama satu bulan hanya selama siang hari.

Pada satu segi, manusia telah dilarang melibatkan diri dalam pekerjaan-pekerjaan yang sangat pokok ini, dan di segi lain, dia telah diperintahkan untuk membaca Kitab Suci Al-Qur’an, menghidupkan Ramadhan dan memberikan sedekah juga. Dalam perintah ini telah ditekankan bahwa [mengapa] orang harus menerima hal-hal yang tak perlu dengan meninggalkan hal-hal yang perlu. Maka pada segi lain, mengapa hal-hal yang kecil diperoleh dengan menentang perintah-perintah Tuhan. Selama bulan Ramadhan, akan ada banyak do’a, pembacaan Al-Qur’an dan menegakkan [ibadah pada bulan] Ramadhan.

Telah tercatat dalam hadits bahwa dia yang berpuasa selama bulan Ramadhan dengan iman dan mengharapkan tsawab (ganjaran), dosa-dosa yang lampau akan diampuni. Sayang sekali! Sebagian orang mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan belanja mereka bertambah, padahal itu tidak benar. Sebenarnya, orang-orang seperti itu tak menyadari hakikat puasa. Pada waktu makan sahur, mereka makan begitu banyak hingga mereka tetap sakit karena gangguan pencernaan hingga petang. Ketika makanan mereka hampir dicernakan, mereka menjadi timbul seleranya dengan hidangan yang disajikan untuk santap malam dan mereka makan seperti serakah dan menjadi malas serta mengantuk berat. Mereka tidak memikirkan bahwa puasa merupakan semacam latihan untuk diri sendiri dan bahwa mereka bukan seharusnya berbelanja lebih banyak dari pada sebelumnya serta makan seperti orang serakah.

Ingatlah dengan baik bahwa Al-Qur’an Suci mulai diwahyukan pada bulan ini serta merupakan petunjuk dan cahaya bagi manusia. Kita hendaknya beramal sesuai dengan petunjuk yang disediakan oleh Kitab Suci ini. Puasa membawa pengaruh dan membimbing pada jalan-jalan yang mudah dalam urusan-urusan sehari-hari. Ingatlah bahwa kenyamanan sejati terjadi sesudah orang itu mati atau dengan meninggalkan hal-hal yang buruk. Oleh sebab itu, puasa juga membawa kenyamanan. Dengan itu, manusia dapat meraih kedekatan dengan Tuhan dan menjadi muttaqi. Jika manusia bertanya, bagaimana orang dapat meraih kedekatan dengan Tuhan, maka katakan pada mereka, [bahwa] Allah berfirman, “Aku dekat. Apabila seseorang menyeru kepada-Ku, Aku menjawab seruan (do’a) mereka yang memohon.” (Haqaiqul Furqan, jilid 1, halaman 306-307).

Ditulis oleh: Hadhrat Maulana Nuruddin(R.A.), Khalifatul Masih I
Sumber: Ahmadiyya Gazette, January 1997, hal. 25.
Alih bahasa oleh: Abu Solahuddin

0 Responses to “HARI-HARI YANG DIBERKATI”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 226,789 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: