Islam SejatI

Ringkasan Khutbah Jumat Pimpinan Jemaah Muslim Ahmadiyah
Di Nun Speet, Belanda, pada 05 Januari 2007

Huzur bersabda tentang pentingnya meningkatan kerohanian dan mengembangkan penyebaran ajaran Islam sejati.

Huzur bersabda seperti halnya negara-negara di barat lainnya, Jemaat di Belanda terbentuk dari tiga macam ahmadi. Pertama, Ahmadi yang berimigran dari Pakistan dan beberapa lainnya dari India, mereka telah menjadi ahmadi selama tiga sampai empat generasi. Kedua, yaitu ahmadi yang berasal dari negara-negara muslim lain yang telah menerima Imam Jaman, yang menyempurnakan kenabian Muhammad saw. Ketiga, Ahmadi yang berasal dari orang-orang Belanda, yang lahir di negeri ini dan yang kepada mereka Tuhan telah karuniai menerima Masih Mauud as, dengan begitu menjadi penyempurna kasyaf Masih Mau’ud as, yang menggambarkan beliau memegang burung-burung putih.

Huzur bersabda, ini barulah permulaan dan kelak, serombongan demi serombongan burung putih akan datang ke pangkuan Masih Mauud as. Huzur menambahkan bahwa kewajiban tipe pertama yaitu meminjam tangan Masih Mauud as di dalam mengenggam burung-burung putih ini dan selanjutnya mendukung dan memelihara mereka. Jika tidak maka pengakuan mereka sebagai pemilik ikatan dengan sahabah-sahabah Masih Mau’ud as hanya akan menjadi kata-kata kosong. Dengan membantu dan menolong misi Masih Mauud as, maka kalian tidak hanya akan mengumpulkan penghargaaan terbaik tapi juga akan menaikkan status para pendahulu kalian di surga dan akan menjadi sumber kepuasan bagi mereka di alam sana. Huzur bersabda inilah kesempatan besar untuk melakukan kebaikan dan tak semestinya disia-siakan.

Melalui sifat Kemahapemurahan inilah, Dia telah memberikan kesempatan kepada kalian untuk datang kemari (Barat) yang untuknya tiap ahmadi harus bersyukur dan rasa kebersyukuran ini dapat diungkapkan dengan tetap teguh itaat kepada agama dan membangun mesjid-mesjid, menghormati hak setiap orang, menyempurnakan menjalankan sistim administrasi jemaat dan di atas itu semua kebersyukuran tersebut bisa diungkapkan dengan meningkatkan standar ibadah kepada Tuhan. Hanya dengan itu kita akan menyempurnakan tujuan kenabian Masih Mau’ud as. Beliau bersabda bahwa kenabiannya adalah untuk memperkuat keimanan dan membuktikan keberadaan Tuhan kepada manusia. Beliau as. bersabda juga, “Aku telah dikirim sehingga kebenaran akan kembali dan ketaqwaan tertanam di setiap hati.”

Berkenaan dengan tipe ahmadi kedua dan ketiga seperti telah digambarkan sebelumnya, Huzur bersabda bahwa mereka adalah yang membuat perubahan suci di dalam diri mereka sendiri dan telah menolak konsep ajaran trinitas. Mereka ini juga harus bersyukur dan memupuk standar keitaatan mereka dan menyampaikan Ahmadiyah kepada yang lain. Huzur bersabda bahwa program yang paling eksklusif harus direncanakan oleh jemaat lokal yakni untuk menyampaian pesan Ahmadiyah ke setiap individu. Sesungguhnya Allah telah memilih Masih Mau’ud as untuk mengumpulkan umat dari semua agama menjadi ummatan wahidan.

Huzur bersabda, yang telah bergabung menjadi Ahmadiyah, pada tahapan selanjutnya mereka tidak perlu melihat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh ahmadi yang sebelumnya membaiatkan mereka ke dalam Ahmadiyah. Jika mereka ada kelemahan merekalah yang bertanggung jawab kepada Tuhan. Memang, banyak terdapat orang-orang yang saleh, beramal baik, dan melarang kejahatan. Pada dasarnya di dalam ajaran Islam tiap orang bertanggung jawab atas amalannya sendiri. Jika kalian menemukan bahwa ahmadi yang lama menyimpang, maka doakanlah mereka dan tetap beristighfar. Ketika ahmadi lama maupun baru berniat bekerja secara teguh demi tegaknya kenabian Masih Mau’ud as, maka standar hubungan dengan Allah akan meningkat dan orang-orang Belanda akan tertarik kepada kalian.

Mereka menyerang Islam karena mereka tidak menyadari akan keindahan ajaran Islam. Mereka telah melihat gambaran perilaku ekstrim kelompok Islam tertentu. Mereka bereaksi keras di dalam isu pelarangan memakai jilbab. Mereka menganggap perlu untuk membuat undang-undang pelarangan untuk ini. Alasannya adalah gambaran Islam yang paling mengerikan telah diperlihatkan kepada mereka dan mereka tidak tahu tentang gambaran Islam sebenarnya dan Islam yang paling indah. Sudahkah orang-orang ahmadi yang tinggal di sini memberikan perhatian terhadap isu ini dari awal dan sudahkah para ahmadi ini memperkenalkan Ahmadiyah sebagai pembawa Islam sejati kepada mereka. Saya kira situasi seperti saat ini tidak semestinya muncul. Namun masih ada waktu. Tunjukkan Islam sebenarnya kepada mereka dengan keberanian mngemukakan pendapat dan tetap bersemangat. Saya telah mengingatkan kalian tentang ini sedari awal, namun usaha yang memadai belum dibuat.

Huzur menambahkan bahwa tujuan kita adalah harus selalu menyebarkan persaudaraan dan kebaikan kepada dunia dan inilah apa yang menjadi ajaran Islam. Yang pertama dan terpenting adalah kita harus melakukan perubahan suci di dalam diri kita sendiri dan anak keturunan kita serta menyebarkan kebaikan di antara kita sendiri. Kunci untuk langkah ini akan meningkatkan standar hubungan kita dengan Allah juga standar nilai ibadah kita. Ini akan membimbing kita untuk menghargai hak masing-masing. Saat kita melakukan amalan kebaikan dan melarang melakukan kejahatan maka mereka yang di luar akan memperhatikan kita, orang-orang di sekitar kita dimana kita bekerja, bertempat tinggal akan menyadari dan akan ingin tahu lebih banyak jika kita memperlihatkan contoh-contoh yang baik.
Allah kemudian akan memberikan petunjuk kepada anak keturunan di antara mereka, dan sebenarnya akan ada banyak keturunan mereka di setiap negara.

Huzur bersabda penting mengadopsi setiap kebaikan yang mereka miliki, bukan kelemahannya. Buktikan kepada mereka bahwa kita adalah umat yang terbaik (Khairul Ummah).
Huzur mengingatkan bukan hanya mengejar jumlah di dalam menarik orang masuk ke dalam Ahmadiyah, namun tujuan sebenarnya adalah kita harus menjadikan orang-orang ini memiliki tingkat ketaqwaan yan tinggi.

Huzur bersabda jika seseorang, apakah yang baru baiat maupun generasi mudanya. tidak membangun standar keimanannya dan tidak memusatkan ibadahnya kepada Tuhan maka mereka tidak akan termasuk ke dalam golongan orang yang menjadi penyempurna tujuan diutusnya Masih mauud as. Huzur menekankan pentingnya menjalankan program-program yang direncanakan untuk melatih moral dan penyebaran Islam.

Huzur bersabda jalan besar untuk menarik perhatian orang-orang itu adalah dengan membangun mesjid-mesjid. Jemaat Belanda belum membangun mesjid atas jerih payah sendiri. Mereka hanya memiliki mesjid yang sudah ada (selain dari rumah-rumah misi) yang dibangun dengan dana dari Lajnah Pakistan 50 tahun yang lalu. Huzur bersabda saat ini jemaat di sini sudah cukup besar dan jika mereka diarahkan dan diingatkan tentang pengorbanan, sebenarnya mereka sanggup mendirikan mesjid-mesjid.
Sekali mereka memulai bekerja maka Allah akan menurunkan pertolongan-Nya. Huzur bersabda sebuah tanda dari Khairul Ummah adalah sifat jujur dan kedekatan mereka dengan Allah. Jika bangunan sebuah mesjid dimulai maka Insha Allah itu akan terbentuk. Huzur menasehati jangan anggap remeh kemampuan diri sendiri dan beliau menambahkan bahwa dengan bersikap itu mereka justeru meremehkan karunia dan berkat Allah. Jika kalian memiliki iman, maka karunia dan berkat-Nya akan diperoleh. Huzur menyarankan tentang target mendirikan satu mesjid setiap dua tahun di daerah dimana Jemaat berdiri. Huzur menekankan mereka selain memberikan perhatian terhadap pembangunan mesjid juga harus seiring dengan usaha-usaha pertablighan dan beliau bersabda bahwa Jemaat Belanda tidak seharusnya menutup diri dan mereka harus menerima tantangan ini.

Huzur bersabda jika kalian berusaha dan menegakkan ketauhidan dengan penuh keikhlasan, maka kalian akan mendapatkan pengalaman tanda-tanda dari langit, yang merupakan manifestasi yang telah dijanjikan oleh Masih Mauud as pada masa ini.

Huzur berdoa semoga Allah memberi karunia kepada setiap ahmadi untuk tetap teguh di dalam ketaqwaan dan memenuhi tujuan diutusnya Masih Mauud as. Huzur bersabda jika kalian sepenuhnya mengerti tujuan kenabian Masih Mauud as, maka kalian berhak mendapatkan karunia dari langit. Semoga Allah memberikan anugerah kepada kita untuk memperoleh nikmat-nikamt ini dan hidup sejalan dengan harapan Masih Mauud as.

Pada akhir khutbah, Huzur bersabda untuk melangkah ke depan dengan semangat baru bertabligh dan meningkatkan standar ibadah kepada Tuhan. Semoga Allah memberikan karunia kepada kita untuk menjalani perubahan suci di dalam diri dan menjadikan kita sebagai penerima nikmat-nikmat-Nya.


1 Response to “Islam SejatI”


  1. 1 wikimuslim October 24, 2008 at 4:07 am

    terima kasih telah berbagi khutbah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 215,909 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: