Batal Pergi Haji

photo_kaabaSalah satu dari rukun Islam adalah menunaikan ibadah haji, bagi yang mampu. Namun bila yang mampu itupun terpaksa tidak bisa menunaikannya karena dihalang-halangi oleh manusia, tentulah tidak salah bila kita mengatakan bahwa tanggung jawab atas kewajiban itu tidak lagi melekat pada diri orang yang mampu namun dihalangi tersebut.

hdr_islamDemikian pula dengan orang-orang yang menghalangi manusia dari menjalankan perintah Ilahi tentu tidak akan begitu saja bebas lenggang kangkung tanpa harus mempertanggung jawabkan perbuatannya itu, kelak dalam “pengadilan terakhir” dihadapanNya.

Posting ini berlatar belakang sebuah berita yang saya baca pada Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 13 November 2008 yang memuat berita tentang batal berangkatnya empat orang calon Jemaah haji dari kloter 40 asal kabupaten Ciamis, disebabkan ke empat orang itu adalah anggota Jemaah Ahmadiyah Indonesia yang menolak untuk menyatakan diri keluar dari Ahmadiyah sebagai mana yang mereka persyaratkan.

Berita semacam ini selain menunjukkan fakta bahwa selama ini memang warga Ahmadiyah  senantiasa dihalang-halangi dari menjalankan perintah Ilahi rukun Islam yang ke-lima, juga menunjukkan fakta lain yaitu bahwa upaya dari pihak2 tertentu yang selalu berusaha membentuk opini di masyarakat awam seolah-olah  hajinya pengikut Ahmadiyah bukan ke Mekkah menjadi terbantahkan dengan sendirinya.

Berikut selengkapnya berita Harian Umum Pikiran Rakyat

Empat Anggota JAI Batal Haji

Kamis, 13 November 2008 , 18:55:00
CIAMIS, (PRLM).- Empat jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Ciamis, dibatalkan keberangkatannya. Hal itu disebabkan karena keempatnya menolak untuk keluar dari Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI). Sedangkan dua lainnya menyatakan keluar dari aliran tersebut, sehingga tetap diperbolehkan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Kepala Departemen Agama (Depag) Ciamis Munadi Abdul Qodir mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Kamis (13/11). Pembatalan tersebut setelah pihaknya menerima surat dari Depag RI yang ditujukan kepada Kepala Kanwil Depag Jabar. Surat tembusan tersebut tertanggal 10 November 2008.

“Sebelumnya kita sudah memberikan arahan, apabila tetap berkehendak naik haji maka harus keluar dari Ahmadiyah. Ternyata mereka tetap menolak keluar dari Ahmadiyah. Sesuai dengan perintah dari Depag pusat, maka keberangkatan mereka dibatalkan,” tuturnya.

Dia mengungkapkan hal itu usai menerima perwakilan jemaah haji jemaat Ahmadiyah di ruang kerjanya. Disebutkan pernyataan dua calon jemaah haji yang menyatakan keluar maupun tetap bertahan dengan keyakinannya sebagai pengikut JAI, dituangkan dalam surat pernyataan. Surat tersebut selain ditandatangani oleh yang bersangkutan juga saksi-saki deri berbagai instansi terkait.

Keenam calhaj tersebut, masuk dalam kloter (kelompok terbang) 40 yang akan berangkat ke tanah suci pada hari Selasa (2/12) melalui embarkasi Pondok Gede, Bekasi. Dengan adanya empat calon yang dibatalkan, maka kloter 40 dari Kabupaten Ciamis menjadi 390 calhaj, dari sebelumnya sebanyak 394 calhaj.

Diungkapkan empat jemaat Ahmadiyah yang dibatalkan keberangkatannya yakni, Muksin bin Badrudin (68), Mimin (63) Binti H. Parta. Keduanya warga Kec. Banjarsari. Oyon Sopyan (64) Bin Salmawi warga Kec. Kalipucang dan Mimon Fatimah Binti Kalinatadipura. (A-101/A-147) ***

1 Response to “Batal Pergi Haji”


  1. 1 bang one November 18, 2008 at 7:37 am

    ada suatu masa ketika seorang bernama Tabi’in bernama Abdullah bin
    Mubarak, gagal berangkat haji ke Mekkah karena ongkos naik haji
    disedekahkan kepada orang-orang fakir miskin yang ditemuinya dalam
    perjalanan. Kemudian ia pulang ke negerinya. Namun seorang calon haji
    dari negeri lain mendapat ilham bahwa Abdullah itulah yang diterima
    hajinya padahal secara fisik ia tidak menginjakkan kakinya menuju
    Mekkah.
    Semoga Allah juga menerima niat baik para calhaj dari
    Ciamis ini dan menjadikan mereka haji mabrur walaupun tidak berangkat
    kesana, aamiin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 215,909 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: