Setara Desak Presiden Cabut SKB Ahmadiyah

Sumber:OKEZONE

JAKARTA – Setara Institute mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar mancabut surat keputusan bersama (SKB) tentang pembatasan Jamaah Ahmadiyah. Hal itu karena secara substansial kebijakan ini bertentangan amanat konstitusi.

Demikian salah satu poin dari 11 rekomendasi Setara Institute menyikapi maraknya pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan.

“Kami mengajukan rekomendasi ini karena negara tetap mempertahankan perundang-undangan yang cacat hukum karena tidak sesuai dengan prinsip HAM,” ujar Ketua Setara Institute Hendardi di Hotel Atlit Century Senayan, Jakarta, Selasa (13/1/2009).

Alasan lain, Setara Institute mencatat telah terjadi 367 tindakan pelanggaran kebebasan beragama dalam 265 peristiwa selama 2008. “Rekomendasi ini untuk kepastian jaminan kebebasan beragama atau berkeyakinan di Indonesia,” ujarnya.

Sepuluh rekomendasi lain adalah:

Presiden dan MPR perlu mempertimbangkan amandemen konstitusi penyempurnaan jaminan hak-hak konstitusional warga negara. Termasuk jaminan kebebasan beragama dan berkyakinan.
Presiden dan DPR segera melakukan perubahan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang membatasi jaminan kebebasan beragama atau berkeyakinan.
Presiden dan DPR perlu mempertimbangkan UU Anti Intoleransi Agama.
Polri wajib dan tanpa terkecuali memberikan perlindungan kepada setiap WNI yang mengalami kekerasan akibat diskriminasi, stigma, dan intoleransi.
Presiden atau menteri perlu melakukan evaluasi atas pelaksanaan peraturan bersama menteri No 8 dan 9/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama, dan pendirian rumah ibadah. Tujuannya agar tidak terjadi lagi hal-hal seperti penekanan terhadap Ahmadiyah dan pengikut Eden. Begitu juga dengan aksi yang dilakukan FPI untuk memboikot pembangunan gereja di Bekasi.
Depdagri dan Depkum HAM harus segera menyusun mekanisme holistik untuk mengevaluasi perda yang diskriminatif gender dan bertentangan dengan HAM.
Parpol harus mengintegrasikan isu jaminan kebebasan beragama atau berkeyakinan.
Parpol elemen politik harus menghentikan praktik politisasi agama untuk menghimpun dukungan publik.
Para pemeluk agama perlu memanfaatkan forum kerukunan umat beragama sebagai forum dialog hingga tidak terjadi kesalahpahaman antarumat terutama dalam hal pendirian rumah agama.
Masyarakat, pemuka masyarakat, dan kalangan pendidikan perlu mendorong penguatan kembali nilai-nilai toleransi.
(ful)

0 Responses to “Setara Desak Presiden Cabut SKB Ahmadiyah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 234,699 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: