Ziarah ke Makam Pak Harto

Makam Bapak Soeharto, Presiden  RI ke 2 Akhirnya, pekerjaan kami dibebarapa kabupaten di wilayah Propinsi Jawa Tengah selesai juga. Beberapa kawan dari sebuah Instansi di lingkungan Pemda Karang Anyar, yang menjadi pendamping untuk pekerjaan kami di kabupaten tersebut, menanyakan apakah kami ingin memanfaatkan sisa waktu untuk mengunjungi tempat2 penting yang ada diwilayahnya? Salah satu yang mereka rekomendasikan adalah Astana Giribangun yang merupakan tempat dimakamkannya Presiden Republik Indonesia ke 2, Soeharto.
***
“Biasanya para tamu yang datang dari luar daerah selalu tertarik untuk berkunjung kesana” katanya.
Kamipun setuju untuk berziarah kesana, jadi setelah makan siang berangkatlah kami ke Komplek pemakaman ini yang letaknya berada di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, sekitar 15 km dari Karang Anyar.
Pintu Gerbang Astana Giribangun
Astana Giribangun dibangun di atas sebuah bukit, tepat di bawah Astana Mangadeg, komplek pemakaman para penguasa Mangkunegaran, salah satu pecahan Kesultanan Mataram. Astana Mangadeg berada di ketinggian 750 meter dpl, sedangkan Giribangun pada 666 meter dpl. Di Astana Mangadeg dimakamkan Mangkunegara (MN) I alias Pangeran Sambernyawa, MN II, dan MN III.

Pemilihan posisi berada di bawah Mangadeg itu bukan tanpa alasan; untuk tetap menghormat para penguasa Mangkunegaran, mengingat Ibu Tien Soeharto adalah keturunan Mangkunegoro III.
Komplek makam ini memiliki tiga tingkatan cungkup (bangunan makam): cungkup Argo Sari teletak di tengah-tengah dan paling tinggi, di bawahnya, terdapat cungkup Argo Kembang, dan paling bawah adalah cungkup Argo Tuwuh.

Makam Bapak Soeharto, Presiden  RI ke 2
Pintu utama Astana Giribangun terletak di sisi utara. Sisi selatan berbatasan langsung di jurang yang di bawahnya mengalir Kali Samin yang berkelok-kelok indah dipandang dari areal makam. Terdapat pula pintu di bagian timur kompleks makam yang langsung mengakses ke Astana Mangadeg.
Selain bangunan untuk pemakaman, terdapat sembilan bangunan pendukung lainnya. Di antaranya adalah masjid, rumah tempat peristirahatan bagi keluarga Soeharto jika berziarah, kamar mandi bagi peziarah utama, tandon air, gapura utama, dua tempat tunggu atau tempat istirahat bagi para wisatawan, rumah jaga dan tempat parkir khusus bagi mobil keluarga.
Makam Pak Harto dan Ibu Tien
Sesampainya dilokasi, kami memasuki Astana tersebut. Pada awalnya keadaan didalam tidak begitu terlihat jelas, karena sedang mati listrik dan hanya sedikit cahaya matahari yang berhasil menerobos masuk. Tak lama berselang, seorang Bapak petugas Astana, membawa masuk dua buah lampu emergensi, lumayan cukup menerangi ruangan itu, sehingga kami dapat menatap setiap sudutnya dengan jelas.

Kami bersamaan masuk dengan sepasang turis asal negeri Belanda, yang dikarenakan datang dengan celana pendek, lalu oleh pengelola Astana, sibule ini dipinjami kain sarung. Ketika saya nyatakan pada sibule itu, bahwa “with sarung you look like Indonesian”, diapun tersenyum dan mengatakan ” only a little bit….”

Kamipun bersimpuh menyampaikan doa untuk Pak Harto, Ibu Tien dan orang2 yang dikubur disana.
Ketika menatap kuburan Pak Harto, yang terlintas di pikiranku adalah suatu kesadaran akan betapa tidak berdayanya manusia. Sekuat dan sehebat apapun manusia, namun bila telah sampai pada batasnya, maka tak ada yang kuasa menghindar dari maut.
Tiap tiap jiwa akan merasai kematian. ……..kehidupan dunia ini tidak lain melainkan satu kesenangan yang memperdayakan (3:186)

1 Response to “Ziarah ke Makam Pak Harto”


  1. 1 khozin efendi May 17, 2010 at 1:38 am

    yang saya ingat dari kata kata pak harta waktu membicarakan tentang kematian adalah “mikol duwur mendem jero” apa artinya saya sendiri kurang tau


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 248,737 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: