“Green Dam” Software Sensor Internet dari China

Mulai 1 Juli semua komputer yang dibeli di Cina akan dilengkapi dengan program filter dari pemerintah, yang dinamakan ‘Green Dam’ atau ‘Bendungan Hijau’ . Dengan ini komputer dapat disetir dari jauh.

Tujuannya hanya untuk melindungi anak muda dari pornografi dan dari konten merugikan lainnya di internet. Demikian pernyataan pejabat pemerintahan Cina. Tetapi tetap saja muncul banyak protes. Contohnya komisi Uni Eropa yang tidak dapat menerima paksaan instalasi perangkat lunak filter ini. “Lain dari yang dikatakan pemerintah Cina, tujuan dari program ini adalah untuk menyensor internet dan membatasi kebebasan,“ demikian pernyataan sikap Uni Eropa minggu lalu.

Cina sudah memiliki sebuah sistem penyaringan internet yang canggih. Internet di Cina hanya terhubung dengan dunia luar secara terbatas. Dan filter baru ini akan dipakai untuk bereaksi terhadap kata-kata kunci tertentu.Tetapi teknik filter yang canggih pun tetap ada batasnya, demikian dijelaskan Lars Fischer, pakar keamanan di sebuah perusahaan komputer Jerman.

“Secara teknis informatika efektivitas filter terbatas, karena banyak metode yang dapat mengakali sistem tersebut.“

Oleh karena itu Cina juga masih mempekerjakan sekitar 30.000 sampai 50.000 polisi internet yang bertugas mengawasi dan menyensor isi internet. Dengan software baru ini pemerintah Cina mengambil langkah yang menentukan. Dengan ini mereka memperketat sistem pengawasannya – dari infrastruktur internet sampai ke komputer para pengguna internet.

Pakar komputer Fischer menjelaskan: “Selama ini kalau orang memakai internet di Cina, komputer masih menjadi teman kita. Sekarang semua diwajibkan memasang program yang langsung dikirim ke komputernya dan ini dapat mempunyai pengaruh yang amat besar. Pada dasarnya ini pengawasan secara menyeluruh. Sekarang komputer bukan teman lagi, yang dapat mengakali firewall misalnya, tetapi komputer ini langsung menjadi musuh penggunanya.“

Program baru ini mirip dengan software kuda Trojan. Dengan program ini komputer pribadi dapat disetir dari jauh. Tanpa sepengetahuan pemilik komputer, dapat dilakukan update atau menginstal program lain ke komputernya. Pada dasarnya ini memungkinkan pengawasan total dan juga akses ke perangkat penyimpan memory. Di Cina tindakan yang melanggar hak privasi secara menyeluruh ini mengundang aksi protes.

Seniman Cina Ai Weiwei menyerukan boykot internet: “Saya menyerukan kepada semua untuk tidak memakai internet pada 1 Juli, seperti menulis atau mengecek email, main mainan online atau menulis blog.“

Sementara ini dilaporkan sudah ada software anti program filter Green Dam, yang dilansir pemerintah Cina tersebut. Dengan software ini orang dapat membersihkan komputernya dari program filter bersangkutan.

Sumber: Deutsche Welle

0 Responses to ““Green Dam” Software Sensor Internet dari China”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 216,092 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: