Khabar dari Amerika:Relawan Muslim di Dapur Umum Zion

oleh:DENEEN SMITH

6621671_

Anggota komunitas Muslim Ahmadiyah menundukkan kepala mereka dalam do’a, mereka adalah sukarelawan di Pusat Shalom, yang menyiapkan dan melayani pemberian makanan pada hari Sabtu. (FOTO OLEH BRIAN PASSINO, Kenosha News)

Untuk selama dua dekade, Komunitas Muslim Ahmadiyah Zion telah menjadi relawan di dapur umum di Pusat Shalom di Kenosha.

Sabtu ini, mereka melakukan kegiatan seperti ini lagi, memasak cabai, roti jagung dan brownies. Ini adalah kegiatan biasa bagi mereka, yang menangani tugas memasak dan melayani di pusat Shalom setidaknya sekali setiap kuartal, dan juga diacara-acara khusus. Untuk menghormati perayaan tahunan layanan relawan yang disponsori oleh majalah USA Weekend, kelompok itu sedang dipertimbangkan untuk mendapatkan National Make a Difference Day Award, sebuah penghargaan yang diberikan kepada organisasi sukarelawan.

Penghargaan  diberikan setiap tahun oleh yayasan Newman’s Own kepada 10 organisasi yang menjadi ujung tombak kegiatan sukarela dalam “Membuat Hari yang Berbeda”. Penerima penghargaan yang akan diumumkan pada bulan April, juga bakal menerima hibah sebesar $ 10.000.

Aaisha Autry dari Kenosha memimpin upaya relawan masjid Ahmadiyah. Ia dan Dhiya Bakr, sesama anggota komunitas ini mengatakan bahwa anggota masjid berharap dapat dipertimbangkan untuk mendapat penghargaan ini, bekerja dihari Sabtu untuk dapur umum adalah bagian dari kegiatan rutin kelompoknya.

Autry mengatakan bahwa “Melayani orang lain adalah bagian dari iman kami.” “Dalam komunitas kami, setiap orang harus siap melayani.”

Dihari Sabtu, semua anggota bekerja termasuk nenek-nenek seperti Autry, para pemuda dan anak-anak yang melakukan tugas-tugas sederhana, seperti menyiapkan meja-meja.

Masjid Ahmadiyah telah berdiri di Zion sejak akhir tahun 1950-an atau awal tahun 60-an, anggotanya berasal dari seluruh Lake County, Illinois, dan Wisconsin tenggara, demikian kata Autry.

Ini adalah anggota Komunitas Muslim Ahmadiyah yang lebih luas, yang didirikan pada tahun1889 dan memiliki anggota di 180 negara. Di Amerika Serikat, kelompok ini berdiri pada tahun 1921, merupakan organisasi Muslim Amerika pertama.

Sebagai bagian dari misi masjid Zion yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, anggota masjid secara teratur menjadi sukarelawan di tempat penampungan tunawisma, pantri2 dan dapur umum di wilayah ini.

Mereka telah menjadi sukarela di dapur Kenosha selama 20 tahun. The Shalom Center, 1713 62 St, menyelenggarakan serangkaian program untuk penduduk daerah yang membutuhkan, termasuk urusan dapur sehari-hari.

Programnya adalah setiap hari memberi makan kepada sekitar 100 pria, wanita dan anak-anak, dikelola oleh kelompok relawan secara bergiliran, sebagian besar adalah dari kelompok-kelompok gereja dan organisasi-organisasi nirlaba.

Delapan tahun terakhir kadang-kadang terjadi ketidak nyamanan bagi warga Muslim Amerika, tetapi Bakr dan Autry mengatakan bahwa masjid dan keluarga mereka telah diterima oleh sebagian besar masyarakat.

Mereka mengatakan mereka percaya bahwa kegiatan regular kerja sukarela mereka dan pertemuan-pertemuan dengan kelompok-kelompok dari agama lain telah membantu mereka didalam menjembatani perbedaan.

Dhiya Bakr mengatakan bahwa ia telah menjumpai banyak orang yang ingin tahu tentang Islam.

“Saya pikir bagi kami sebagai Muslim itu telah menjadi hal yang positif karena dengan itu membuat orang mau mengajukan pertanyaan2,” katanya.

0 Responses to “Khabar dari Amerika:Relawan Muslim di Dapur Umum Zion”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 241,114 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: