Peran Semestinya PBB di tanah Palestina

DISINILAH mestinya PERANAN PBB (Alqur-aan  Surat Al-Hujurat (49) : 10:

Wa in thaa-ifataani minal mu’miniinaq taqtaluu fa ashlihuu bainahumaa fa aim baghat ihdaahuumaa ‘alal ukhraa fa qaatilul latii tabghii hattaa tafiii-a ilaa amrillaahi fa in faa-at fa ashlihuu bainahumaa bil ‘adli wa aqsithuu innallaaha yuhibbul muqsithiin.

Artinya:

Dan, jika dua golongan dari orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah di antara keduanya; maka jika salah satu dari kedua mereka menyerang yang lain, maka perangilah (secara serentak bersama-sama) pihak si penyerang, hingga mereka kembali kepada perintah Allah; kemudian jika ia sudah kembali, damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berbuatlah adil. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat adil.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengutuk keras serangan terhadap kapal Mavi Marmara,  pengangkut bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dan menuntut Israel memberikan penjelasan atas aksi mematikan yang mereka lakukan tersebut.

“Saya mengutuk kekerasan ini. Harus ada investigasi tuntas terhadap aksi penumpahan darah ini. Israel harus segera memberikan penjelasan penuh,” tegas Sekjen PBB seperti dikutip Markas Besar PBB, New York, Senin.

Ban Ki-moon sendiri saat ini sedang berada di Kampala, Uganda, untuk memimpin konferensi kaji ulang Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC).

Seperti yang dilaporkan Mabes PBB, Sekjen Ban Ki-moon sangat terkejut dengan adanya peristiwa penyerangan militer terhadap kapal-kapal bantuan kemanusiaan di lepas pantai Gaza.

Menurut laporan media, Israel Senin (31/5) pagi menyergap dan mengambil alih kendali enam kapal yang sedang beriringan di perairan internasional mengangkut bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Selain bermuatan berbagai barang bantuan, kapal-kapal itu juga mengangkut ratusan relawan dari sejumlah negara, termasuk asal Indonesia.

Setidaknya sudah 16 orang dilaporkan tewas dalam serangan berdarah tersebut.

Aksi kekerasan yang dilakukan oleh Israel itu tidak hanya mengundang keprihatinan dan kecaman dari Sekjen PBB.

Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 negara, pada Senin menggelar sidang darurat membahas serangan brutal Israel.

China, salah satu anggota tetap DK-PBB dengan hak veto, meminta Dewan Keamanan segera beraksi terhadap Israel berkaitan dengan serangan militer negara Yahudi itu.

Selain mengecam aksi Israel yang menjadikan warga sipil dan relawan internasional sebagai target serangan, China juga mendesak Israel secepatnya menjalankan sepenuhnya Resolusi DK PBB No. 1860, membuka pintu perbatasan serta mengakhiri blokade ke Jalur Gaza agar para warga di wilayah konflik itu bisa mendapat bantuan kemanusiaan.

Asisten Sekjen PBB Urusan Politik, Oscar Fernandez-Taranco, saat berbicara pada pembukaan sidang darurat DK-PBB, Senin, mengatakan, aksi penyerangan mematikan itu adalah buah dari sikap keras kepala Israel.

“Penumpahan darah hari ini sebenarnya bisa dihindari jika Israel memerhatikan desakan yang berulang-ulang untuk mengakhiri blokade yang tak dapat dibenarkan itu terhadap Gaza,” kata Fernandez-Taranco.

Koordinator Bantuan Darurat PBB, John Holmes, mengutuk serangan Israel dan menyebutnya sebagai aksi yang “menyia-nyiakan hidup dalam masalah kemanusiaan” .

Ia menegaskan bahwa serangan tersebut telah memperparah kondisi 1,5 juta warga Palestina, menambah kemiskinan dan berbagai kekurangan kebutuhan para warga.

Adapun pejabat tinggi PBB bidang hak asasi manusia, Navi Pillay, menegaskan bahwa Israel harus mempertanggungjawab kan aksi semena-mena itu.

“Tidak ada alasan yang dapat dibenarkan untuk menjalankan operasi seperti itu (menyerang kapal bantuan kemanusiaan ke Gaza, red),” kata Komisaris HAM PBB, Navi Pillay.

Pelapor Khusus soal situasi HAM di wilayah Palestina yang diduduki, Richard Falk, menyatakan Israel jelas-jelas telah melanggar hukum laut.

“Israel bersalah karena melakukan aksi yang mengejutkan itu dengan menggunakan senjata mematikan terhadap para warga sipil tak bersenjata di kapal-kapal yang sedang berada di wilayah perairan bebas,” kata Falk.

Falk menyebut blokade Israel terhadap Gaza sebagai “bentuk hukuman kolektif”, setara dengan kejahatan terhadap kemanusiaan.

DISINILAH mestinya PERANAN PBB (Alqur-aan  Surat Al-Hujurat (49) : 10:

Wa in thaa-ifataani minal mu’miniinaq taqtaluu fa ashlihuu bainahumaa fa aim baghat ihdaahuumaa ‘alal ukhraa fa qaatilul latii tabghii hattaa tafiii-a ilaa amrillaahi fa in faa-at fa ashlihuu bainahumaa bil ‘adli wa aqsithuu innallaaha yuhibbul muqsithiin.

Artinya:

Dan, jika dua golongan dari orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah di antara keduanya; maka jika salah satu dari kedua mereka menyerang yang lain, maka perangilah (secara serentak bersama-sama) pihak si penyerang, hingga mereka kembali kepada perintah Allah; kemudian jika ia sudah kembali, damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berbuatlah adil. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat adil.

Ket.:

Suatu bahaya besar bagi keamanan dan kesetia-kawanan suatu Negara Islam, adalah percekcokan dan pertengkaran yang timbul di antara berbagai golongan atau pihak orang-orang Muslim. Ayat ini memberikan obat yang mujarab untuk mendamaikan pertikaian2 semacam itu. Pada pokoknya surah ini membahas penyelesaian perselisihan2 di antara beberapa pihak sesama Muslim, dan disamping itu merupakan landasan sehat, yang berdasarkan itu suatu Liga Bangsa2 yang sungguh2 ampuh dapat didirikan. Ayat ini menetapkan suatu asas yang sehat, untuk memelihara perdamaian dunia internasional.

ISRAEL  YANG  TIDAK  BERSYUKUR DENGAN KENIKMATAN KEMAJUAN YANG DIBERIKAN  TUHAN

Sejak zaman dahulu kala YAHUDI / ISRAEL, sudah berkali-kali  diberikan kenikmatan dan kejayaan oleh Tuhan Maha Kuasa, tetapi karena kemajuannya itu sehingga mereka menjadi manusia yang sombong dan tidak bersyukur :

2:123 Yaa banii israa-iiladzkuruu ni’matiyal latii an ‘amtu ‘alaikum wa anii fadhdhaltukum ‘alaa’a alamiin  – Hai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang Aku anugerahkan kepadamu dan telah Aku muliakan kamu di atas semesta alam.

5:83  Latajidanna asyadannaasi ‘adaa watan lilladziina aamanul yahuuda walladziina asyrakuu – Pasti engkau akan mendapati manusia yang paling keras permusuhannya terhadap orang2 yang beriman, ialah orang2 Yahudi dan orang2 mempersekutukan Allah …….

5-79  Lu’inal ladziina kafaruu min banii israa-iilaa ‘alaa lisaani daauuda wa ‘iisaabni maryama. Dzalika bimaa ‘ashauw wa kaanuu ya’taduun – Dilaknat orang2 yang ingkar dari antara Bani Israil oleh lidah Daud dan Isa ibnu Maryam.  Hal demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampai batas.

17:5  Wa qadhinaa ilaa banii israa-iila fil kitaabi latufsidunna fil ardhi marrataini lata’lunaa ‘uluwwan kabiir  – Dan Kami telah tetapkan kepada Bani israil dalam kitab itu, “Pasti kamu akan melakukan kerusakan di bumi dua kali, dan niscaya kamu akan menyombonkan diri dengan kesombongan yang sangat besar.”

Ket.: Dua kedurhakaan Bani Israil yang tersebut dalam kitab Musa a.s. disinggung dalam ayat ini. Mereka telah 2 kali dikutuk, yaitu oleh Nabi Daud a.s. dan Isa Ibnu Maryam a.s., dan sebagai akibatnya telah dihukum pula dua kali.

Kemudian dengan kesombongan dan kedurhakaannya kali ini, apakah azab seperti yang telah terjadi pada Perang Dunia II itu (yang ke-I) akan terulang lagi sekarang (ke-II)?? Yah sejarah akan terulang ……

Demikianlah atas sifat dan perilaku mereka yang demikian itu Allah SWT telah men-taqdirkan bahwa azab, kutukan kepada Bani Israil itu akan terus berlangsung dan berulang-ulang kali sampai Hari Kiamat!

PPSi

1 Response to “Peran Semestinya PBB di tanah Palestina”


  1. 1 NSH January 2, 2013 at 2:19 am

    Bagus banget….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 251,420 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: