Hentikan kekerasan Terhadap Komunitas Ahmadiyah

Hari ini kita harus menyaksikan kembali sebuah tontonan brutalitas yang menimpa komunitas Jamaah Ahmadiyah Indonesia Manis Lor, Kuningan Jawa Barat. Brutalitas itu ditampilkan dengan telanjang. Warga menyerang warga. Meninggalkan luka dan membuka lagi kenangan atas peristiwa serupa yang sempat terjadi dan menimpa komunitas Ahmadiyah di sana, beberapa tahun lalu.

JSKK Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan

Aksi Damai Hitam Kamisan Di Depan Istana Negara Presiden – Kamisan Ke-170

Jl. Diponegoro No. 74, Menteng, Jakarta 12870, Telp. (021) 3191 181


Nomor              : 150/Surat Terbuka-JSKK/VII/2010

Hal                   :Hentikan  kekerasan Terhadap Komunitas Ahmadiyah di Kuningan

Kepada yang terhormat,

Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Republik Indonesia

Di –

Tempat

Bapak Presiden yang kami hormati,

Hari ini kita harus menyaksikan kembali sebuah tontonan brutalitas yang menimpa komunitas Jamaah Ahmadiyah Indonesia Manis Lor, Kuningan Jawa Barat. Brutalitas itu ditampilkan dengan telanjang. Warga menyerang warga. Meninggalkan luka dan membuka lagi kenangan atas peristiwa serupa yang sempat terjadi dan menimpa komunitas Ahmadiyah di sana, beberapa tahun lalu. Kami sebagai komunitas korban yang tergabung di dalam Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK), menyampaikan rasa prihatin yang begitu dalam dan rasa solidaritas yang tinggi kepada setiap warga Manislor, yang menjadi korban dari praktik kekerasan tersebut. Kebebasan menjalankan ibadat sesuai agama dan keyakinannnya masing-masing adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dibatasi oleh suatu bentuk praktik chauvinistik apapun. Kami pun amat menyayangkan proses penyegelan bangunan ibadah yang dimiliki warga Ahmadiyah dilakukan dengan cara semena-mena.

Jalur negosiasi dan upaya persuasif harusnya dikedepankan. Bukan aksi adu otot dan syaraf dalam menyikapi kontroversi bangunan-bangunan ibadah kelompok-kelompok kepercayaan minoritas, seperti dalam kasus ini. Kami pun amat menyayangkan tindakan aparat penegak hukum, khususnya Polisi dan Satpol PP yang melakukan pengabaian atas bentrokan yang terjadi antara ormas-ormas non-Ahmadiyah yang memang sejak beberapa hari yang lalu sudah berkumpul di sekitar lokasi. Pembiaran ini mengakibatkan kerusakan masif yang harus diderita oleh komunitas Ahmadiyah Manis Lor. Kami juga amat menyayangkan sikap Bupati Kuningan yang tidak bisa mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan sebagai prioritas solusi dalam menghadapi permasalahan.

Bapak presiden yang kami hormati,

Kami tidak bisa mentolerir setiap tindak kekerasan dan brutalitas yang mengatasnamakan kepentingan regulasi. Kekerasan yang kerap menimpa komunitas Ahmadiyah ini adalah bentuk ilustrasi betapa nilai-nilai politik kewargaan di antara kita telah memudar. Pemerintahpun belum bisa menjamin adanya perlindungan hukum kepada kelompok minoritas. Hendaknya Presiden SBY mampu mengambil satu tindakan yang tegas untuk menindaklanjuti maraknya praktik kekerasan di level horizontal ini. Mengambil solusi tanpa menimbulkan masalah dan memberikan rasa nyaman kepada tiap-tiap warga Indonesia untuk menjalankan ibadah dan keyakinannya harus dijamin mutlak oleh pemerintah, karena nilai ini tidak bisa ditawar lagi.

Salam dan hormat kami,

Jakarta, 29 Juli 2010

Presidium JSKK (Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan)

Sumarsih               Suciwati                       Bedjo Untung                       Nuzul                            Ridwan

Tembusan kepada:

1.  Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia

2.  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM)

0 Responses to “Hentikan kekerasan Terhadap Komunitas Ahmadiyah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 215,909 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: