Kunjungan Menlu Kanada Kepada Khalifatul Masih V aba

Tanggal 24 Januari 2012, Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird MP, telah mengadakan kunjungan kepada Pimpinan Tertinggi Komunitas Muslim Ahmadiyah  se-Dunia, Hadhrat Mirza Masroor Ahmad di Masjid Fazl di London. Yang Mulia, Gordon Campbell, Komisaris Tinggi Kanada untuk Inggris dan anggota staf lainnya juga hadir pada pertemuan yang berlangsung sekitar empat puluh menit itu.

Dalam  pertemuan ini, Menteri Luar Negeri menyampaikan  bahwa Pemerintah Kanada sedang dalam proses mendirikan sebuah ‘Kantor Kebebasan Beragama’ dan ingin mendapatkan pandangan2 dari Hudhur mengenai bagaimana  sebaiknya  kantor itu berfungsi. Sebagai tanggapannya, Hudhur menjelaskan bahwa Islam mengajarkan bahwa setiap orang harus bebas untuk mempraktekkan agamanya secara terbuka dan tanpa takut diskriminasi. Beliau mengatakan bahwa terlepas dari perbedaan agama, semua anggota masyarakat harus hidup bersama dengan semangat persatuan, perdamaian dan toleransi dan bahwa upaya seperti inilah yang harus Kantor Kebebasan Beragama upayakan sehingga nilai  tersebut dapat mencapai seluruh dunia.


Hudhur berbicara tentang penganiayaan yang dihadapi oleh Jamaah  Muslim Ahmadiyah di berbagai negara, terutama di Pakistan. Berbicara tentang situasi di sana, beliau katakan, bahwa selain dari mengalami penganiayaan beragama, warga Ahmadi disana juga dimahrumkan dari hak-hak dasar sipil mereka sebagai warga negara.  Beliau mengatakan:

 
 “Di Pakistan semua Muslim Ahmadi diabaikan hak-hak dasar hidup mereka. Kami tidak dapat menyebut diri Muslim atau menggunakan istilah Islam. Nama saya Masroor, tetapi di Pakistan jika seseorang memanggil  saya dengan nama ini, maka orang tersebut  dapat ditangkap dan dihukum. Hukum yang menganiaya dan membatasi hak-hak dasar harus diubah. Sangat penting bahwa pandangan agama seharusnya tidak berdampak atau bersinggungan dengan kebijakan Pemerintah. “

Pak Menlu menyampaikan bahwasanya beliau sangat prihatin setiap kali mendengan hal-hal seperti itu dan menentang  semacam penganiayaan yang sistematis dimana Kanada membayangkan Kantor Kebebasan Agama untuk bertindak. Beliau  mengatakan bahwa beliau  percaya bahwa di mana ada kebebasan beragama, maka disana hak-hak lain akan berkembang secara alami.

Dalam pertemuan ini Hudhur juga menyampaikan pujian kepada  Barat atas upayanya memperomosikan kebebasan beragama dan beliau mengatakan khususnya kepada Kanada atas upaya ini. Beliau mengatakan bahwa upaya pemerintah Kanada yang  mempromosikan integrasi dan toleransi beragama telah  membawa satu pernyataan dari  Khalifa Keempat dari Jamaah Muslim Ahmadiyah bahwa beliau berharap seluruh dunia akan menjadi seperti Kanada. Sebagai tanggapan Menteri Luar Negeri mengatakan bahwa Kanada benar-benar merasakan manfaat dari memiliki sistem imigrasi yang relatif terbuka.

Hudhur menyebutkan  bahwa ketika beliau  terakhir mengunjungi Kanada pada 2008, beliau  sangat berterimakasih bahwa Perdana Menteri Stephen Harper menghadiri pembukaan masjid baru Jamaah Muslim Ahmadiyah  di Calgary bahkan untuk bisa mengambil bagian dalam acara  itu  Perdana Menteri sampai harus menunda  keberangkatannya ke pertemuan puncak internasional di Jepang.


Kepada Pak Menlu, Hudhur juga menyampaikan bahwasanya  Al-Qur’an mengajarkan rasa hormat terhadap semua agama sedemikian rupa,  bahwa umat Islam telah diperintahkan untuk tidak hanya melindungi masjid-masjid mereka sendiri, tetapi  juga untuk melindungi semua tempat ibadah, apakah itu gereja-gereja, sinagog-sinagog ataupun kuil-kuil.

sumber:alislam.org

0 Responses to “Kunjungan Menlu Kanada Kepada Khalifatul Masih V aba”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 234,699 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: