Hidup Sederhana Rasulullah

Rasulullah s.a.w. sangat sederhana dalam hal makan dan minum. Beliau tak pernah memperlihatkan rasa kurang senang terhadap makanan yang tidak baik masakannya dan tidak sedap rasanya. Jika didapatnya memakan sajian serupa itu, beliau akan menyantapnya untuk menjaga supaya pemasaknya tidak merasa kecewa. Tetapi, jika hidangan tak dapat dimakan, beliau tidak menyantapnya dan tidak pernah memperlihatkan kekesalannya. Jika beliau telah duduk menghadapi hidangan, beliau menunjukkan minat kepada makanan itu dan biasa mengatakan bahwa beliau tidak suka kepada sikap acuh tak acuh terhadap makanan, seolah-olah orang yang makan itu terlalu agung untuk memperhatikan hanya soal makanan dan minuman belaka.

Jika suatu makanan dihidangkan kepada beliau, senantiasa beliau menyantapnya bersama-sama semua yang hadir. Sekali peristiwa seseorang mempersembahkan korma kepada beliau. Beliau melihat ke sekitar dan setelah beliau menghitung jumlah orang yang hadir, beliau membagi rata bilangan korma itu sehingga tiap-tiap orang menerima tujuh buah. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah s.a.w. tidak pernah makan sekenyang-kenyangnya, walaupun sekedar roti jawawut (Bukhari).

Sekali peristiwa, ketika beliau melalui suatu jalan, tampak kepada beliau beberapa orang berkumpul mengelilingi panggang anak kambing dan siap untuk menikmati jamuan. Ketika mereka melihat Rasulullah s.a.w., mereka mengundang beliau ikut serta, tetapi beliau menolak. Alasannya bukan karena beliau tidak suka daging panggang, tetapi disebabkan oleh kenyataan bahwa beliau tidak menyetujui orang mengadakan perjamuan di tempat terbuka dan terlihat oleh orang-orang miskin yang tak cukup mempunyai makanan.

Diriwayatkan bahwa pada peristiwa lain beliau ikut makan daging panggang. Siti Aisyah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah s.a.w. sampai hari wafat beliau tidak pernah sekali pun menikmati makan kenyang selama tiga hari berturut-turut. Beliau sangat hati-hati agar seseorang tidak pergi makan di rumah orang lain tanpa diundang. Pada sekali peristiwa, beliau diundang makan oleh seseorang dan beliau diharapkan membawa serta empat orang lain. Ketika beliau tiba di rumah si pengundang, agaknya ada orang keenam yang ikut beserta rombongan. Tuan rumah menjemput di pintu dan Rasulullah s.a.w. meminta perhatiannya dengan berkata bahwa sekarang mereka berenam dan terserah kepada tuan rumah untuk memutuskan, apakah orang yang keenam itu boleh ikut makan atau harus pergi. Tentu saja tuan rumah mengundang juga orang yang keenam itu (Bukhari, Kitabal-Ath ‘ima).

Bilamana Rasulullah s.a.w. duduk bersantap, beliau senantiasa mulai makan dengan ucapan Bismillahir-Rahmanir-Rahiim, dan segera sesudah selesai, beliau mengucapkan syukur dengan kata-kata: “Segala puji bagi Allah Yang telah memberi makan kepada kita; puji -pujian yang berlimpah dan ikhlas, dan selalu bertambah; puji-pujian yang tidak meninggalkan dalam pikiran seseorang kesan perasaan telah cukup memuji, melainkan menimbulkan rasa cukup pernah dikatakan, dan puji-pujian yang tidak akan berakhir dan menjadikan seseorang berpikir bahwa tiap- tiap perbuatan Ilahi layak dipuji dan harus dipuji. Ya Allah, penuhi hati kami dengan keharuan-keharuan ini.” Kadang-kadang beliau memakai kata-kata ini, “Segala puji bagi Tuhan yang telah melepaskan lapar dan dahaga kami. Semoga hati kami senantiasa mendambakan puji-pujian-Nya dan jangan tidak bersyukur kepada Dia.” Beliau senantiasa mengingatkan para Sahabat supaya berhenti makan sebelum kenyang benar dan mengatakan bahwa makanan seseorang harus cukup membuat kenyang dua orang. Bilamana ada makanan yang istimewa dimasak di rumah, beliau senantiasa menyarankan supaya sebagian diberikan sebagai sedekah kepada tetangga-tetangganya; dan hadiah makanan dan benda-benda lain senantiasa dikirim dan rumah beliau ke rumah tetangga-tetangga (Muslim dan Bukhari, Kitabal-Adab).

Beliau selalu berusaha mengetahui dari wajah mereka yang ada beserta beliau kalau-kalau di antara mereka ada yang memerlukan pertolongan. Abu Hurairah menceriterakan peristiwa berikut:

Sekali peristiwa ia pernah mengalami lebih dari tiga hari tanpa mendapat makan. Ia berdiri di pintu mesjid dan melihat Abu Bakar lalu ke dekat dia. Ia bertanya kepada Abu Bakar arti ayat Al-Qur’an yang memerintahkan pemberian makan kepada fakir-miskin. Abu Bakar pun menerangkan artinya lalu pergi. Abu Hurairah, saat ia menceriterakan peristiwa itu, biasa mengatakan dengan rasa kesal bahwa ia pun mengerti arti ayat Al-Qur’an tersebut seperti Abu Bakar. Tujuan menanyakan kepadanya arti ayat itu ialah supaya Abu Bakar dapat menerka bahwa ia lapar dan menyediakan untuknya makanan. Tak lama kemudian Umar lewat dan Abu Hurairah juga meminta kepadanya untuk menerangkan arti ayat itu. Umar pun menerangkan artinya dan terus berlalu. Abu Hurairah, seperti hatinya Sahabat-Sahabat lainnya, amat tidak suka meminta secara langsung, dan ketika ia merasa bahwa usaha menarik perhatian orang kepada keadaannya gagal, ia sudah tak bertenaga. Sayup-sayup ia mendengar namanya dipanggil dengan suara mesra dan penuh rasa cinta. Ketika menoleh ke arah datangnya suara itu, dilihatnya Rasulullah s.a.w. memandang kepadanya melalui jendela rumah beliau sambil tersenyum.

Beliau menanyakan kepada Abu Hurairah, “Adakah kamu lapar?” yang dijawab oleh Abu Hurairah. “Sesungguhnya, ya Rasulullah, saya lapar.” Rasulullah bersabda, “Di rumahku juga tidak ada makanan; tetapi ada orang yang baru saja memberi susu secawan kepada kami. Pergilah ke mesjid dan periksalah, adakah juga di sana orang-orang lain yang lapar seperti kamu.” Abu Hurairah melanjutkan ceriteranya, “Aku berkata kepada diriku sendiri bahwa aku begitu laparnya sehingga aku takkan cukup meminum susu secawan itu, tetapi Rasulullah s.a.w. masih meminta juga kepadaku agar mengundang orang-orang lain yang mungkin keadaannya sama seperti aku; ini artinya aku akan mendapat bagian susu sedikit sekali. Tetapi aku harus melaksanakan perintah Rasulullah s.a.w., maka aku pun pergi ke mesjid dan kudapati enam orang duduk-duduk di situ. Semua kubawa menghadap Rasulullah s.a.w. Beliau memberikan cawan susu itu kepada salah seorang dari mereka dan disuruhnya minum. Ketika ia sudah selesai dan cawannya telah dilepaskan dari mulutnya, Rasulullah s.a.w. masih mendesaknya minum lagi kedua kalinya dan ketiga kalinya sampai ia merasa kenyang betul. Dengan cara demikian juga beliau mendesak tiap-tiap orang dari keenam sahabat itu untuk minum sekenyang-kenyangnya. Tiap-tiap kali beliau meminta kepada salah seorang untuk minum, aku merasa cemas dan khawatir bahwa hanya sedikit sekali yang masih tersisa untuk diriku. Sesudah keenam orang itu minum susu sekenyang-kenyangnya, Rasulullah s.a.w. menyerahkan cawan itu kepadaku dan kulihat di dalamnya terdapat masih banyak susu. Kepadaku pun beliau mendesak untuk minum sekenyang-kenyangnya dan menyuruhku minum untuk kedua dan ketiga kalinya dan akhirnya beliau minum sendiri sisanya, kemudian membaca doa syukur dan akhirnya menutup pintu “ (Bukhari,

Kitabal-Riqaq).

Tujuan Rasulullah s.a.w. memberi giliran kepada Abu Hurairah terakhir sekali mungkin guna memberi pengertian kepadanya bahwa ia harus bertahan terhadap derita lapar itu dengan menyerahkan diri kepada Tuhan dan sebaiknya tidak menarik perhatian orang kepada keadaannya, walaupun dengan cara yang tidak langsung.

Beliau makan-minum senantiasa dengan tangan kanan dan selalu berhenti tiga kali untuk bernafas di tengah-tengah minum. Salah satu sebabnya mungkin karena orang yang haus lalu minum air dengan meneguk sekaligus dapat minum terlalu banyak hingga mengacaukan pencernaannya. Dalam urusan makan, aturan yang diikuti beliau ialah beliau memakan segala yang bersih dan halal, tetapi bukan untuk sekedar bersenang-senang atau menyebabkan orang lain tidak mendapat bagian. Seperti telah dinyatakan di atas, makanan beliau sehari-hari senantiasa amat sederhana, tetapi jika ada yang mempersembahkan kepada beliau suatu hidangan yang istimewa, beliau tidak menolaknya. Tetapi, beliau tidak mendambakan makanan lezat, walaupun beliau sangat gemar akan madu dan korma. Mengenai korma beliau sering berkata bahwa ada perhubungan erat antara seorang Muslim dengan pohon korma, daunnya, kulitnya, dan buahnya yang masak maupun yang mentah, bahkan biji buahnya yang keras sekalipun, semuanya dapat dipergunakan untuk ini dan itu, dan tidak ada bagian yang tidak berguna. Demikianlah keadaan seorang Muslim sejati. Tidak ada perbuatannya yang tanpa faedah dan apa saja yang dilakukannya akan meningkatkan kesejahteraan umat manusia (Bukhari dan Muslim).

Rasulullah s.a.w. sangat sederhana dalam berbusana. Pakaian sehari-hari beliau terdiri atas kemeja dan izar (kain sarung) atau kemeja dan celana. Izar ataupun celana itu dikenakan oleh beliau supaya pakaian itu menutupi tubuh sampai kepada pergelangan kaki. Tidak berkenan di hati beliau kalau lutut atau bagian mana pun di atas lutut terbuka jika tak terpaksa. Beliau tidak menyukai pakaian, baik sebagai bagian dari pakaian atau pun sebagai kain gorden dan sebagainya, dan bahan yang padanya gambar-gambar telah disulamkan atau dicatkan, apalagi jika gambar-gambarnya besar dan dapat diartikan berhala atau benda-benda yang dipuja. Sekali peristiwa beliau melihat kain gorden tergantung di rumah beliau berlukiskan gambar-gambar besar dan beliau memerintahkan menanggalkannya. Tetapi beliau tidak berkeberatan memakai pakaian bergambar kecil-kecil yang tidak dapat diartikan seperti itu.

Beliau sendiri tidak pernah memakai kain sutera dan tidak memperkenankan kaum pria Islam mengenakan pakaian dari kain sutra. Untuk tujuan mengontentikkan surat-surat beliau kepada pemerintah-pemerintah tertentu berisikan seruan untuk menerima Islam, beliau meminta disiapkan sebuah cincin stempel, tetapi hendaklah terbuat dari perak dan bukan dari emas sebab, beliau mengatakan, memakai perhiasan emas dilarang untuk kaum pria Muslim (Bukhari dan Muslim). Wanita Muslim diperkenankan memakai kain sutera dan emas, tetapi dalam hal ini pun Rasulullah s.a.w. memerintahkan supaya sifat berlebih-lebihan harus dicegah. Sekali peristiwa beliau meminta sumbangan-sumbangan untuk meringankan penderitaan fakir-miskin, dan seorang bangsawati mengorbankan sebuah dari gelangnya dan diserahkannya sebagai sumbangannya. Rasulullah s.a.w. berkata kepadanya, “Apakah tangan lainnya tidak perlu diselamatkan dari api neraka?” Wanita itu melepaskan gelangnya dari tangan lainnya dan diserahkannya juga untuk tujuan yang ada dalam pikiran beliau. Tidak seorang pun dari istri-istri beliau mempunyai perhiasan-perhiasan yang agak berharga dan wanita Muslim lainnya pun sangat jarang mempunyai perhiasan.

Sesuai dengan ajaran Al-Qur’an, beliau menyerukan agar tidak mengumpulkan dan menimbun uang atau emas-perak, karena beliau memandang hal itu merugikan kepentingan golongan miskin dari masyarakat dan mengakibatkan kacaunya ekonomi masyarakat dan itu adalah dosa. Sekali peristiwa Umar mengajukan saran kepada Rasulullah s.a.w.. Sebab beliau harus menerima duta-duta raja -raja besar, beliau disarankan agar sebaiknya menyuruh buatkan jubah indah lagi mewah untuk dikenakan beliau pada peristiwa-peristiwa resmi. Rasulullah s.a.w. tidak menyetujui saran itu dan bersabda, “Tuhan tidak akan ridha kepadaku mengikuti cara itu. Aku akan menerima tiap- tiap orang dengan pakaian yang biasa kupakai.” Pada suatu ketika beliau menerima hadiah bahan pakaian dari sutera. Satu di antaranya diberikan kepada Umar. Umar bertanya, “Bagaimana akan dapat memakainya, kalau anda sendiri telah melarang memakai pakaian sutera?” Rasulullah s.a.w. menjawab, “Tiap -tiap hadiah tidak dimaksud untuk dipakai sendiri.” Maksud beliau ialah, supaya Umar memberikan kepada istrinya atau anak perempuannya, karena pakaian itu dari sutera, atau untuk keperluan lain (Bukhari, Kitab al-Libas).

Tempat tidur Rasulullah s.a.w. juga sangat sederhana. Beliau tak pernah mempergunakan tempat tidur dari besi atau dipan, tetapi senantiasa tidur di atas tanah beralaskan sehelai kulit atau sehelai kain bulu unta. Siti Aisyah r.a., meriwayatkan: “Tempat tidur kami begitu sempit sehingga jika Rasulullah s.a.w. bangkit untuk tahajud, aku biasa berbaring miring dan meluruskan kaki saat beliau berdiri dan melipatnya kembali jika beliau sujud (Muslim, Tirmidhi, dan Bukhari, Kitab al-Ath’ima).

Beliau juga sama sederhananya bertalian dengan penataan tempat tinggal beliau. Rumah beliau terdiri atas satu ruangan dan sebuah halaman sempit. Seutas tali terentang di tengah kamar sehingga jika beliau menerima tamu, pada tali itu dapat digantungkan kain untuk digunakan sebagai kamar tamu yang terpisah dari bagian yang dipergunakan oleh istri beliau. Kehidupan beliau begitu sederhananya sehingga Siti Aisyah r.a. meriwayatkan bahwa di masa hidup Rasulullah s.a.w., mereka sering terpaksa hidup dari korma dan air saja dan pada hari wafat beliau tidak ada makanan di dalam rumah kecuali beberapa butir korma saja (Bukhari).

(bersambung)

SUMBER:
Life of the Holy Prophert by HM Bashiruddin Mahmud Ahmad

0 Responses to “Hidup Sederhana Rasulullah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




AYO BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI:

Statistik Blog

  • 258,843 hit

aku suka jalan-jalan

hidup adalah jalan-jalan. jalan-jalan adalah hidup

%d bloggers like this: