POLA HIDUP RASULULLAH SAW

Dalam berbagai aktifitas dan pola kehidupannya, Rasulullah  saw memang sudah dirancang oleh Allah SWT sebagai contoh teladan yang baik (al uswah hasanah) bagi semua manusia. Teladan ini mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk pola makan. Sepintas masalah makan ini tampak sederhana, tapi dengan pola makan yang dicontohkan Rasulullah  saw, beliau terbukti memiliki tubuh yang sehat, kuat dan bugar. Bahkan, berbagai riwayat shahih menjelaskan bahwa Rasulullah saw sanggup membanting Rukanah beberapa kali dalam sebuah pertarungan gulat, padahal Rukanah adalah juara gulat Mekkah yang saat itu tak terkalahkan.

Ketika Kaisar Romawi mengirimkan bantuan dokter ke Medinah ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah saw tentang rahasia kaum muslimin yang sangat jarang mengalami sakit. Rasulullah saw bersabda:”Kami adalah kaum yang tidak makan kecuali sudah betul betul lapar dan apabila makan, kami berhenti sebelum kekenyangan

Aktifitas Rasulullah saw yang padat dengan dakwah dan perjuangan menegakkan agama yang masih muda ini, sehingga tiap menit dalam kehidupan Rasulullah saw selalu diisi dengan kegiatan produktif. Rasulullah saw hampir tidak pernah bermalas malasan, bebicara tanpa tujuan ataupun tidur yang melebihi batas. Siang dan malam waktu beliau dipadati oleh urusan dakwah dan perjuangan. Aktifitas yang sarat beban ini harus didukung oleh kondisi fisik yang prima. Dan Alhamdulillah, Rasulullah saw selalu dalam keadaan sehat dan hanya mengalami dua kali sakit selama hidupnya. Pertama, ketika beliau diracun oleh seorang wanita Yahudi  yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah saw di Madinah. Kedua, menjelang wafatnya.

Para ahli kesehatan menilai gaya hidup Rasulullah saw dalam mengkonsumsi makanan, memberikan pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan beliau. Kecerdasan Rasulullah saw dalam memilih menu makanan dan mengatur pola konsumsi telah menentukan tingkat kesehatan beliau.

Akhir akhir ini dunia medis baru menyadari bahwa ternyata pola makan merupakan faktor penentu dari penyakit-penyakit yang diderita manusia. Kebanyakan  penyakit disebabkan oleh kacaunya pola makan, dan begitu pula faktor penyembuhan penyakit seringkali ditentukan dari pola makan seseorang. Itulah sebabnya sekarang pola makan menjadi bagian dari obat dan penyembuhan. Selama ini dikenal dua bentuk pengobatan, yaitu:

  1. Pengobatan sebelum terjangkit penyakit, yang sering disebut sebagai pencegahan.
  2. Pengobatan setelah terjangkit penyakit (ath thib al’ilaji)

Dengan mencontoh pola makan Rasulullah saw, kita sebenarnya sedang menjalani terapi pencegahan penyakit dengan makanan (attadawi bil ghidza). Hal ini jauh lebih baik dan murah daripada kita harus berhubungan dengan obat-obat kimia senyawa sintetik yang hakekatnya adalah racun. Berbeda dengan pengobatan alamiah Rasulullah saw melalui makanan dengan senyawa kimia organik.

Kita mengenal ungkapan “mencegah lebih baik dari mengobati”. Mengenal serta meneladani pola makan Rasulullah saw merupakan langkah aplikatif dan tidakan preventif dari penyakit yang bisa menyerang tubuh kita. Jika kita cermat melihat pola hidup Rasulullah saw, maka akan kita dapati point penting sbb:

Asupan awal ke dalam tubuh Rasulullah saw adalah udara segar dipagi hari. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan (shalat) qiyamullail. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal ini jelas sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas dalam aktifitasnya sehari penuh. Orang yang memulai kehidupan dipagi hari dengan bangun subuh, biasanya menjalani hari dengan penuh semangat dan optimisme. Berbeda dengan orang yang tidak bangun subuh, biasanya lebih mudah terserang rasa malas beraktifitas.

Dipagi hari, Rasulullah saw menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya. Mulut dan gigi merupakan organ tubuh yang sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu. Kita tahu siwak mengandung fluor yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Fluor yang terkandung dalam siwak merupakan fluor alami yang berguna, berbeda dengan fluorsintetik yang dapat membahayakan kesehatan. Saat ini, fluor alami yang terdapat dalam siwak sudah mampu di ekstraksi dalam bentuk pasta gigi agar mudah digunakan.

Dipagi hari pula Rasulullah saw membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. Khasitnya luar biasa. Dalam Al-Qur’an, madu  merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Hal ini berarti pada dasarnya madu bisa menjadi obat atas berbagai penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan. Madu juga mengandung mikronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam istilah masyarakat Arab, madu dikenal dengan al hafidz al amin karena bisa menyembuhkan luka bakar.

Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah saw senantiasa mengkonsumsi 7 butir kurma ajwa’ (matang). Rasulullah saw pernah bersabda, “Barangsiapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Hal ini berbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah saw pada sebuah percobaan pembunuhan diperang Khaibar, racun yang tertelah oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara itu Bisyir ibnu al Barra, salah seorang sahabat yang ikut memakan makanan yang beracun tersebut, akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah saw selamat dari racun tersebut. Rahasianya adalah 7 butir kurma yang biasa dikonsumsi Rasulullah saw.

Menjelang sore hari, menu Rasulullah saw biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja tidak hanya cuka dan minyak zaitun, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang, kepikunan dihari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjadi suhu tubuh dimusim dingin. Ada cerita menarik terkait dengan buah Tin dan minyak Zaitun. Allah swt bersumpah dalam surat At Tin. Dalam Al-Qur’an surat At Tin kata at tin hanya disebutkan sekali saja, sedangkan az zaytun diulang sampai 7 kali. Seorang ahli melakukan penelitian terkait hal itu. Kesimpulannya luar biasa: jika zat-zat yang terkandung dalam at tin dan az zaytun berkumpul dalam tubuh manusia dengan perbandingan 1:7, maka akan menghasilkan ahsani taqwin (tubuh terbaik dan optimum kekuatannya) sebagaimana tercantum dalam surat At Tin.

Dimalam hari, menu makan malam Rasulullah saw adalah sayur mayur. Beberapa riwayat  mengatakan, Rasululah saw selalu mengkonsumi sana al makki dan sanut. (Dalam kamus Al Munjid sana dan sanut berarti jenis tumbuh-tumbuhan, bisa bermakna sayuran atau lalapan. Tetapi sanut bisa berarti pula madu dan keju). Menurut Prof Dr Musthofa, di Mesir keduanya mirip dengan sabbtah dan ba’dunis. Mungkin istilahnya cukup asing bagi orang luar Arab, tapi Prof Musthofa menjelaskan, intinya adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit. (dr Gia PMA)



40 Responses to “POLA HIDUP RASULULLAH SAW”


  1. 1 saranggo February 16, 2010 at 2:48 am

    Subhanallah,….
    sederhana tp bermanfaat sekali…..

  2. 2 lili February 18, 2010 at 5:46 am

    Subhanallah,…sy baru tahu ternyata Rasulullah pernah menang dalam perlombaan gulat,sy jd ingat mimpi saya waktu melihat Rasulullah sedang tanding gulat dengan orang yg badannya kekar, dan Rasulullah dengan mudah memenangkan pertandingan.

  3. 3 eBayMan84 February 18, 2010 at 5:55 am

    Benar2 contoh teladan yang baik.Subhanallah.. ^_^

  4. 4 Ahmed February 18, 2010 at 6:00 am

    Beristri banyak ngaruh ga terhadap kesehatan?

  5. 5 Sri Lestari February 18, 2010 at 6:07 am

    pola hidup tsb patut ditiru mengingat berbagai macam penyakit dijaman sekarang ini, so simple, sederhana, tapi menyehatkan dan tidak berlebih-lebihan

  6. 6 Emma Waroka Black BRA February 18, 2010 at 6:29 am

    Iya nih, biar jadi sehat terus..Amin.

  7. 7 MiaCassiElfLuPhYooMin February 18, 2010 at 7:45 am

    Benar bgt… Nabi Muhammad SAW adlah cntoh sempurna dlam hal apapun, beliau ga pernah melakukan hal yg sia2, smua pst ada manfaatx, trmsuk dlm pola makanx…!

  8. 8 aisaidluv February 18, 2010 at 3:23 pm

    subhanallah
    semoga saya bisa mencontoh pola makan yang telah dilakukan Nabi Muhammad SAW. Amin

  9. 9 Iam February 19, 2010 at 7:41 am

    subhanallah,,
    izin copas iah gan..

    @d3n
    silahkan

  10. 10 ekoh4riyanto February 19, 2010 at 8:56 pm

    Sangat mencerahkan.
    terimakasih

    ekoh4riyanto.wordpress.com

  11. 11 moch.reza ard.p April 13, 2010 at 7:39 am

    subhanallah……allah maha besar ……
    terima kasih banyak atas ungkapan cerita keseharian rosul tentang hidup sehat ala sederhana…

  12. 12 Rindawan April 15, 2010 at 1:02 pm

    Mantap gaya hidup RASULLULLAH lebih modern dari manusia paling modern masa kini.

  13. 13 budhi May 4, 2010 at 5:59 am

    izin copy paste ya :D

    @d3n
    silahkan

  14. 14 M. Asman, SE.MM. May 14, 2010 at 1:08 pm

    Nabi Muhammad SAW adalah manusia paling modern dan mutakhir sepanjang zaman. terimakasih saya terinspirasi….

  15. 15 anggun cii nouna celeewet kecil June 13, 2010 at 1:19 am

    .. akku yg masii remajja .
    akanntt mncobba melakukkan.x ..
    crra pola makann nabi muhammad ..
    insyaallah ..aku bssa mlkukkan.x ..dan akku
    jaddi shatt lahir ..batin ..
    .. hhehehhehehehe ^_^

  16. 16 khoirotul bariyah June 17, 2010 at 1:09 am

    Subhanallah…. sungguh Allah telah menciptakan Manusia sempurna dan Engkau jadikan Beliau sebagai Suri Tauladan bagi ummat manusia di dunia yaitu Baginda RASULULLAH MUHAMMAD SAW.izinkan kami untuk dapat berperilaku yang sesuai dengan ajaran beliau Rasulullah SAW. Amin.

  17. 17 yeny June 20, 2010 at 4:47 pm

    yuhu,,
    jadi dapat inspirasi koridor pola makan, nich..
    nuhun infona^^

  18. 18 pay July 11, 2010 at 7:05 am

    kalau diindonesia harus itu jg makanan ya?

  19. 19 Baihaqi July 26, 2010 at 2:47 pm

    Subhanallah.. Patut di contoh tu,, & org yg blang istri bnyk ngaruh pd ksehatan adlh org tdk ska dgn rasul..

  20. 20 muhammad reza October 5, 2010 at 6:30 am

    :)
    assalamuallaikum…
    subhanallah

    ALLAHUAKBAR

    bissmillahirrahmannirrahim
    INSYA ALLAH
    sangat bermanfaat
    AMIEN YA ALLAH
    alhamdulillah


    @d3n

    waalaikumsalam wr wb
    semoga dapat menerapkannya…

  21. 21 sayasa zhafira November 23, 2010 at 12:07 am

    subhanalloh
    rosululloh memang tauladan yang baik
    :)))
    allohu akbar !!

    jadi tambah rindu untuk bertemu dengan beliau
    :))

  22. 22 sunoto February 15, 2011 at 4:55 am

    Subhanalloh, pola hidup sehat yang harus kita contoh dan harus kita laksanakan agar kita menjadi sehat selalu.
    Kenapa ya pola hidup rosululloh ini tidak dijadikan program pemerintah, biar masyarakat / rakyat indonesia selalu sehat ala rosul.

  23. 23 iyus akanx May 19, 2011 at 9:31 am

    subhanallah……….sungguh pola hidup yang sangat sederhana tapi menyehatkan!!!!!!!!!!!!!!!

  24. 24 Tinha June 1, 2011 at 4:31 am

    Subuhaanallaah…cntoh tauldan & hikmah yg bsar.

  25. 25 Evi Marlina July 7, 2011 at 3:22 am

    teladan dalam hal apapun…,always love Rosulullah..

  26. 26 ambumu July 23, 2011 at 4:20 am

    gw jadi curiga neh.. tulisan mengenai pola hidup rasulnya sih bagus..
    tp kok di wordpress-nya denagis ini ada link-nya ke ahmadiyah..
    so siapa yang antum sebut Rasul sesungguhnya?
    nabi Muhammad S.a.w-kah? atau laknatuLlah Mirza Gulam?

    @d3n:
    kelihatannya Ahmadiyah yang anda ketahui itu adalah Ahmadiyah versi MUI, bukan Ahmadiyah versi Ahmadiyah. untuk mempelajari/mengetahui Ahmadiyah versi Ahmadiyah silahkan pelajari disini

  27. 27 Suyono August 18, 2011 at 2:47 am

    Bagus sekali ulasan tentang kebiasaan sehari hari Rasulullah untuk masalah makan. Saya ingin tahu bagaimana tentang daging/ikan atau sejenisnya dan susu?, sesering apakah beliau mengkonsumsinya. Saya ingin informasi tentang hal ini mengingat ini secara umum merupakan menu utama masyarakat kita. Salam Suyono

  28. 28 kang daom September 13, 2011 at 10:34 am

    subhanalloh…
    Sungguh nikmat jika bisa meniru pola gaya hidup sehat ala rosululloh SAW.

  29. 29 dewi October 21, 2011 at 2:14 pm

    subhanalloh sungguh nikmat bisa meniru gaya hidup beliau

  30. 30 erfal November 28, 2011 at 6:03 am

    alhamdulillah smg bermanfaat bg kita semua ………

  31. 31 ayahozi December 20, 2011 at 7:13 pm

    Subhanallah……….baru yang masalah gulat dg rukanah.sukron katsiron

  32. 32 ahmad losanzy December 29, 2011 at 4:35 am

    subhanalloh….. I Love U nabiku Muhammad SAW.

  33. 33 Aisyahizia99 February 24, 2012 at 1:02 pm

    RASULULLAH MEMANG HEBAT…!YA ALLAH BAHAGIA KAN LAH IA SELALU DI (SANA)..AMIIN…

  34. 34 hasanuddin November 6, 2012 at 12:56 am

    ya Rasulullah aku sungguh sangat menyesal selama ini tidak ikut langkah2mu. hari ni aku akan menjadi yang terbaik. amin…!

  35. 35 Hadi Winarno January 24, 2013 at 12:54 am

    Luar biasa… Sederhana tp manfaatnya luarbiasa


  1. 1 Pola Hidup Rasulullah « Listian23's Blog Trackback on February 22, 2010 at 8:23 am
  2. 2 2010 in review « Which, then, of the favours of your Lord will ye twain, deny? Trackback on January 3, 2011 at 1:56 am
  3. 3 Pernikahan Nabi Muhammad saw « Which, then, of the favours of your Lord will ye twain, deny? Trackback on February 13, 2012 at 2:19 am
  4. 4 RUMUS HIDUP SEHAT » ResepHidup Sehat ala Rasulullah SAW Trackback on December 26, 2012 at 9:59 am
  5. 5 Contoh Hidup Sehat dari Rasulullah Trackback on March 14, 2013 at 4:41 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Salurkan bantuan kemanusian anda melalui: Humanity First Indonesia (Yayasan Kemanusiaan Indonesia) di Bank Mandiri-
Jakarta Plaza Mandiri
Rek No.: 070.000.4366.618

Blog Stats:

  • 138,566 total pengunjung di blog ini

Klik ikon MTA dibawah untuk menyaksikan siaran TV nonstop tanpa tayangan iklan, menyiarkan keindahan Islam.

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Pengunjung Mulai Jam 15.15, 27 Oktober 2008

free counters
Enhanced with Snapshots

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 130 other followers

%d bloggers like this: